Streaming Radio Lawang Kuari

Pokja PWI Sekadau Gelar Pekan Jurnalistik Pelajar 2024

Editor: Redaksi author photo

Foto bersama disela pembukaan Pekan Jurnalistik Pelajar PWI Sekadau. SUARALAWANGKUARI.COM/IST
Sekadau (Suara Lawang Kuari) – Pokja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau gelar  Pekan Jurnalistik Pelajar bagi pelajar dan mahasiswa di Aula ITKK Kabupaten Sekadau, Kalbar, Sabtu (14/9/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema “Tingkatkan Literasi Digital, Generasi Muda Sekadau Tangkal Hoaks untuk Wujudkan Pilkada Damai Tahun 2024" ini turut menghadirkan narasumber di antaranya, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sekadau Sapto Utomo, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sekadau Matius Jon, Kasat Binmas Polres Sekadau Iptu Koderi, dan Kasi Intel Kejari Sekadau Jhon Christian Lumban Gaol.

PWI Sekadau juga berkolaborasi dengan penerbit Erlangga dengan membagikan buku paket kepada peserta sesuai dengan jurusan dan minat peserta. Hal ini sebagai upaya mendukung minat membaca dan belajar generasi muda di Kabupaten Sekadau.

Ketua Panitia, Sudarno, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya fokus pada pengenalan ilmu jurnalistik, tetapi juga mengajak generasi muda untuk lebih waspada terhadap informasi palsu atau hoaks, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Kami berharap, generasi muda dapat membantu menciptakan Pilkada yang damai,” ujar Sudarno.

Peserta kegiatan berjumlah 100 orang yang terdiri dari BEM ITKK Sekadau, SMK Kelingan Kumang Sekadau, SMK Amaliyah Sekadau, SMA Negeri 1 Sekadau, SMK Negeri 1 Sekadau, SMA Karya Sekadau, SMA Al-rahman Sekadau.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Sekadau, Dina Mariana, menjelaskan bahwa Pekan Jurnalistik Pelajar merupakan bagian dari program “PWI Sekadau Goes to School” yang telah berjalan sejak Februari 2024. Program menjangkau sekolah-sekolah di Kabupaten Sekadau.

Dina menegaskan pentingnya literasi digital di era banjir informasi, terutama bagi generasi muda yang kerap menjadi sasaran hoaks. Selain itu para pelajar juga diajak untuk bijak menggunakan media sosial dan mendukung kelancaran Pilkada 2024 di Kabupaten Sekadau.

“Generasi Z, yang lahir di era kemajuan teknologi, harus berani menangkal hoaks. Orang yang suka membaca tidak mudah menghakimi, mereka akan selalu mencari kebenaran informasi terlebih dahulu,” imbuh Dina.

Kegiatan itupun mendapat dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa. Sekda Sekadau itu memberikan penghargaan kepada PWI karena telah melaksanakan kegiatan yang sangat penting bagi pelajar dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat.

Mohammad Isa juga menekankan bahwa literasi digital yang baik akan berkontribusi pada terciptanya Pilkada yang aman dan damai. Dia berharap generasi muda dapat berperan positif dalam mewujudkan Pilkada yang aman di Kabupaten Sekadau

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat lebih memahami jurnalistik dan mungkin tertarik menjadi wartawan di masa depan,” ujarnya.

Senada, Ketua PWI Kalimantan Barat, Kundori, turut mengapresiasi dan memuji keaktifan PWI Sekadau dalam berbagai program sebagai kontribusi nyata terhadap pembangunan. Ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang telah memberikan dukungan hibah kepada PWI Sekadau.

“Salah satu program utama PWI adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bertujuan meningkatkan kualitas wartawan,” kata Kundori. [tim]

Share:
Komentar

Berita Terkini