Streaming Radio Lawang Kuari

Bupati Sekadau Buka Bulan Kitab Suci Nasional 2022

Editor: Layli author photo

Bupati Sekadau, Aron saat memukul gong pembukaan BKSN 2022
SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron membuka kegiaan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) Kabupaten Sekadau tahun 2022 di Rumah Betang Youth Center Sekadau, Rabu (28/9/2022). Kegiatan BKSN kali ini mengusung tema “Allah Sumber Harapan Hidup Baru”.

Bupati Aron menyampaikan apresiasi kepada pihak panitia yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Selain itu, ia mengingatkan agar umat Katolik lebih rajin membaca kitab suci serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mudah-mudahan di ajang kitab suci ini kita semua dituntut untuk membaca kitab suci merenungkan dan menghayati sebagai pedoman iman kita dan yang kedua tentu kami juga mengucapkan terima kasih kepada kita semua kepada para pastor, kepada Ketua kring, kepada para panitia yang telah terlibat dan juga masyarakat sekalian. Sehingga, hari ini antusias masyarakat antusias keluarga yang hadir tempat ini luar biasa dan tentu ini menambah semangat kita bersama," kata Bupati.

Aron berharap agar tema yang direnungkan seperti "Allah Sumber Harapan Hidup Baru" tema ini diambil perangkat dari situasi dan kondisi situasi dunia dan juga situasi nasional terhadap beberapa persoalan yang dihadapi bangsa maupun dunia saat ini.

"Sesuai dengan sub temanya carilah Allah maka kamu akan hidup jadi artinya kita memang dalam setiap menghadapi persoalan rintangan tentu kita menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Karena Tuhan yang mempunyai kehidupan di dunia ini jadi oleh karena itu agenda-agenda seperti ini bapak ibu sekalian kami pemerintah dukung kami pemerintah dorong dan bahkan hampir setiap tahun kita agenda kan kegiatan-kegiatan seperti ini," terangnya.

"Ini juga dalam rangka bagaimana imam kita bertumbuh berkembang dengan baik di Kabupaten sekadar yang kita cintai ini dan sekali lagi terima kasih kepada umat-umat dari agama lain yang juga telah mensupport kegiatan-kegiatan ini sehingga kegiatan ini juga bisa berlangsung dengan baik dengan aman," tambahnya.

Vikjen Uskup Keuskupan Sanggau, Pastor Yadi mengatakan tujuan dari bulan kitab suci nasional adalah agar seluruh umat katolik memiliki dan membaca serta mewartakan kitab suci.

"Paroki Santo Petrus dan Paulus yang berbahagia setiap tahun umat Katolik memperingati Bulan kitab suci nasional yang disingkat dengan BKSN yaitu pada bulan September selama 1 bulan tersebut dianjurkan untuk semakin dekat dan mengenal Allah lewat membaca kitab suci tanah itu diharapkan juga umat itu mempunyai kitab suci sekarang,” katanya.

"Supaya umat itu masuk menuju kitab suci dimulai dengan menterjemahkan suci dalam bahasa Indonesia kemudian menetapkan satu pekan di Bulan September itu sebagai bulan untuk dan mengenal kitab suci, Firman Tuhan itu baru tahun 1977 ditetapkan 1 bulan yaitu bulan September sebagai bulan kitab suci nasional tahun mengambil tema Allah sumber harapan hidup baru dan tema ini diperkuat dengan kutipan ayat dari kitab Amos Carilah Carilah Tuhan maka kamu akan diangkat dengan mempertimbangkan situasi dan keadaan aktual hari ini dan sekarang di mana kita," tegas Yadi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Gregorius Rigen mengatakan kegiatan tersebut baru telah dilaksanakan, setahun dua tahun vakum.

"Tahun ini BKSN sudah bisa dilaksanakan 28 sampai tanggal 1 Oktober yang difokuskan dirumah Betang. Ada lomba kuis kitab suci, lomba membaca kitab suci bertutur kitab suci lomba mazmur lomba pawai dan karnaval," katanya.

Pemukulan gong sebanyak tujuh kali oleh Bupati Sekadau, Aron dan Uskup keuskupan Sanggau, vikjen Pastor Yadi menandakan dimulainya kegiatan BKSN Kabupaten Sekadau yang dilanjutkan dengan pawai keliling pusat kota Sekadau dimulai dari Rumah Betang Youth Center hingga kembali lagi ke garis finish di Rumah Betang Youth Center Sekadau. [yus]

Share:
Komentar

Berita Terkini