Streaming Radio Lawang Kuari

Syafi’i Yanto Dikukuhkan jadi Ketua MABM Sekadau, Janji Rampungkan Rumah Adat Melayu

Editor: Layli author photo

Pelantikan Pengurus MABM Kabupaten Sekadau.
SEKADAU---Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Chairil Effendy Ms mengukuhkan kepengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) MABM Kabupaten Sekadau Pengganti Antar Waktu, Senin (28/2/2022).prosesi pengukuhan dilangsungkan di GOR H.Matkali Amaliyah Sekadau. 

Chairil Efendy Ms dalam arahanya mengatakan ada pepatah jika kehilangan budaya maka akan ribut seluruh negeri, karena tidak tau kemana mencarinya.

“Indonesia kaya akan ragam budaya, adat dan suku. budaya bangsa Indonesia tersimpan di 16 musium di dunia,” ulas Chairil. 

Terkait pengukuhan kepengurusan antar waktu ini, Chairil mendorong agar program kerja yang belum terealisasi segara di selesaikan sesuai target waktu massa kepengurusan. 

“Saya yakin, niat pembangunan rumah Melayu Sekadau dapat direalisasikan,” tukas Charil. 

Selaku ketua DPP, Chairil berpesan agar pengurus yang dikukuhkan saat ini dapat bekerja dengan baik serta berkomunikasi, berkoordinasi dengan semua pihak. 

“Terimakasih kepada ketua dan pengurus DPD MABM Sekadau sebelumnya,” tambah Chairil. 

Sementara itu, Ketua terpilih antar waktu, Syafi’i Yanto menyatakan komitmennya untuk merealisasikan pembagunan rumah Melayu Kabupaten Sekadau sebagai lanjutan dari program kerja kepengurusan sebelumnya. 

“Sebagai ketua, saya berkomitmen target pembagunan rumah melayu dalam dua tahun harus terbangun,” tegas Syafi’i yang juga menjabat Camat Sekadau Hilir. 

Untuk dapat mewujudkan hal ini, Syafi'i mengatakan akan berkoordinasi bersama pengurus serta pihak lainya.tak hanya itu, menganai adminitrasi dan mekanisme dalam proses pembangunan rumah Melayu Sekadau juga akan dipersiapkan secepatnya. 

"Penyiapan mekanisme sesuai aturan yang berlaku,” tambahnya. 

Diyakini Syafi’i, dengan terbangunya rumah Melayu, nantinya akan menimbulka multi player efek. 

“Menjadi tempat peletarian adat budaya Melayu dan juga sekretariat yang representatif bagi DPD MABM Sekadau,” beber Syafi’i. 

Sebelumya, pada 6 Februari lalu, MABM Sekadau melaksanakan musyawarah besar untuk memilih ketua penganti antar waktu.hal ini berkaitan dengan mudurnya ketua menjabat sebelumnya ke pengurus DPP MABM. 

Pada Musyawarah, terjadi voting antara beberapa calon ketua.Syafei Yanto berhasil memperoleh dukungan suara terbanyak dari dua calon ketua lainya. 

Pengukuhan pengurus DPD MABM antar waktu ini, dihadiri perwakilan organisasi adat, budaya dan organisasi kepemudaan serta unsur Forkompinda. 

Sumber: Suarakalbar.co.id (Jaringan Suaralawangkuari.com)

Share:
Komentar

Berita Terkini