Streaming Radio Lawang Kuari

Teguh: Anak-anak yang Beasiswa Pemda agar Bertugas di Sekadau

Editor: Layli author photo

Teguh Arif Hardiyanto

SEKADAU
---Anggota DPRD Sekadau Fraksi Partai Nasdem, Teguh Arif Hardianto meminta agar anak-anak yang telah mendapatkan beasiswa dari Pemkab Sekadau khususnya beasiswa kedokteran supaya kembali ke Kabupaten Sekadau.

"Saya turut prihatin terhadap berita tentang beasiswa yang diberikan oleh Pemda Sekadau kepada putra/putri terbaik Kabupaten Sekadau, namun setelah lulus tidak mau pulang ataupun bertugas di Kabupaten Sekadau, DPRD Kabupaten Sekadau dari fraksi Nasdem menyatakan merasa prihatin," kata Teguh, Sabtu (1/5/2021).

"Ini menurut informasi ada beberapa anak yang telah dibiayai oleh Pemkab Sekadau khususnya kedokteran tidak mau bertugas di Sekadau," tambahnya.

Dirinya juga menyangkan berapa banyak anggaran yang telah diberikan untuk membiayai mahasiswa tersebut.

"Ini kerugian daerah. Tidak sedikit anggaran yg dikeluarkan oleh pemda. Dan itu uang rakyat yg harus di pertanggungjawabkan," tegasnya.

Namun Teguh menyatakan keheranannya kenapa mereka tidak mau bertugas di Sekadau. Apakah karena gajinya tidak sesuai, ataupun fasilitas yang diberikan tidak memadai atau di Kabupaten sekadau tidak menyediakan tempat untuk mereka mengabdi.

Namun terlepas dari itu semua, pemda sebagai penyedia anggaran beasiswa tentu sudah membuat perjanjian terhadap anak anak penerima beasiswa.

"Misalnya jika ada klausul didalam kontrak dimana penerima beasiswa setelah lulus wajib mengabdi di Sekadau dengan jangka waktu tertentu. Dan jika mereka mengingkari maka penerima beasiswa wajib mengembalikan Dana pemda itu berikut dengan kerugiannya," paparnya.

Legislator asal Kecamatan Sekadau Hilir tersebut juga meminta agar instansi terkait agar bisa melakukan pengecekan dan penelusuran siapa saja yang telah dibiayai oleh Pemkab, tetapi tak mau tugas di Sekadau.

"Saya minta SKPD yg menyalurkan anggaran beasiswa itu harus bertindak tegas. Ini uang rakyat Harus dipertangunggjawabkan. Jangan mereka hanya bisa menuntut hak tapi begitu selesai kuliahnya mengabaikan kewajiban dan tanggung jawab mereka terhadap Sekadau. Kalau bisa di cek siapa saja yang telah dibiayai oleh Pemkab Sekadau. Supaya kita tau siapa saja yang telah lulus tetapi tidak mau bertugas di Sekadau," pungkasnya. [Cil].

Share:
Komentar

Berita Terkini