Streaming Radio Lawang Kuari

3 Hari Jelang Lebaran, Posko Penyekatan Covid-19 Sebut Belum Ada Lonjakan Pemudik Tujuan Sekadau

Editor: Layli author photo

Petugas saat periksa pengendara di posko penyekatan masuk Kabupaten Sekadau

SEKADAU
---Hingga memasuki hari ketiga menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, petugas posko penyekatan Covid-19 arah Pontianak menuju Kabupaten Sekadau menyebutkan belum ada lonjakan pemudik yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Sekadau.

Hal tersebut disampaikan Suryadi anggota BPBD Kabupaten Sekadau, sekaligus petugas yang melakukan penyekatan yang berada di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau bahwa pada tahun ini memang kurang pemudik yang datang menuju ke Sekadau.

"Kurang dikarenakan ada aturan, dan sudah sesuai dengan aturan yang ada tidak pergi kemana-mana," kata Suryadi, Senin (10/5/2021).

Dirinya mengatakan bahwa para petugas yang ada di posko tersebut tetap standby dalam hal memeriksa para pemudik yang akan melakukan perjalanan dari arah Pontianak menuju ke Sekadau.

"Yang pertama kita periksa dulu kelengkapan dokumennya. Seperti KTP, SIM, dan surat keterangan bebas Covid-19, seperti surat hasil SWAB antigen atau PCR negatif. Jika memang tidak ada maka akan kita SWAB ditempat," paparnya.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa Swab antigen tersebut bersifat gratis. "Jika ada yang meminta imbalan maka itu pungli" tegasnya.

Suryadi berharap para pemudik yang akan datang agar melengkapi dokumen perjalanan seperti surat hasil SWAB atau PCR negatif.

"Ini akan tetap kita laksanakan seperti biasa. Karena kita tau Swab itu penting bagi para pemudik yang akan masuk ke Sekadau," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Kunyit Kayus mengapresiasi pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Sekadau yang telah mengambil langkah untuk mengecek para pemudik yang akan menuju ke Sekadau.

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi terhadap langkah dari Satgas Covid-19 Kabupaten Sekadau yang telah mengambil langkah dan keputusan terhadap apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah Provinsi maupun pusat," ucapnya.

Kayus juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung upaya pemerintah dalam hal untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Kan ada pos disini, kami dari pihak Desa sangat mendukung seperti kami menyiapkan tempat untuk pos, westfield untuk cuci tangan. Dan kami juga sudah menyiapkan tempat untuk para pemudik yang akan beristirahat," jelasnya.

Kayus berharap agar wabah Covid-19 ini dapat segera berakhir. Sehingga, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. I juga berharap agar masyarakat bisa mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kita yakin dan percaya wabah ini akan segera berakhir apabila masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker jika keluar rumah, menghindari kerumunan orang, serta menghindari kerumunan orang," pungkasnya. [Cil].

Share:
Komentar

Berita Terkini