Streaming Radio Lawang Kuari

Logistik Pemilu di Sekadau Mulai didistribusikan ke Kecamatan

Editor: Layli author photo

Pelepasan distribusi logistik ke kecamatan di Sekadau. SUARALAWANGKUARI.COM/lan
Sekadau (Suara Lawang Kuari) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau lepas keberangkatan armada pendistribusian logistik pemilu 2024 untuk Kecamatan Belitang Hulu dan Belitang.
Pelepasan armada yang mengangkut logistik itu disaksikan Forkopimda Kabupaten Sekadau, Bawaslu Sekadau dan KPU Sekadau beserta jajaran di Gudang Logistik KPU komplek Pasar Baru Sekadau, Jumat (9/2/2024).

Ketua KPU Sekadau, Fransiskus Khoman mengatakan total 7 truk yang mulai mendistribusikan logistik untuk dua kecamatan tersebut. Sebanyak 4 truk logistik ke Belitang Hulu dengan total 1020 kotak suara yang tersebar di 80 TPS.

Sedangkan untuk Kecamatan Belitang terdapat 3 truk logistik yang berisi 215 kota suara yang tersebar di 43 TPS.

Khoman mengatakan pihaknya sudah mengerahkan pengawalan ekstra untuk mengawal logistik sampai ke kecamatan masing-masing. Termasuk dengan pengawalan oleh pihak kepolisian, Panwaslu masing-masing kecamatan, PPK di masing-masing kecamatan dan pihak KPU.

"Tentunya kita harapkan dengan mulai bergeraknya logistik di Kabupaten Sekadau, tentu kita berharap sampai semua kecamatan, logistik dapat sampai dengan aman dan selamat, " kata Khoman.

Pada pendistribusian logistik, KPU Sekadau menyasar kecamatan dengan jarak tempuh terjauh, yakni Kecamatan Belitang Hulu dan Belitang. Selain jarak tempuh, untuk dua kecamatan itu juga harus melintasi jalur air agar logistik bisa sampai ke tujuan.

Nantinya setelah ke Kecamatan Belitang Hulu dan Belitang. Pendistribusian berlanjut di tanggal 10 Februari ke Kecamatan Nanga Mahap dan Nanga Taman. Kemudian di tanggal 11 Februari ke Kecamatan Belitang Hilir dan Sekadau Hulu, dan terakhir di tanggal 12-13 Februari di Kecamatan Sekadau Hilir.

"Untuk dari kecamatan ke TPS ini tidak langsung didistribusikan, jadi disimpan di gudang logistik kecamatan terlebih dahulu, tentu dengan pengawalan, dan pengamanan. Kemudian untuk TPS yang terjauh akan didistribusikan mulai tanggal 12, untuk yang tidak terlalu jauh artinya lokasinya bisa dijangkau dalam satu hari, itu tanggal 13 sudah ada yang bergerak, kemudian yang terdekat, TPS dalam kota, seperti Sungai Ringin itu ditanggal 14 pagi bergerak. Kita menyesuaikan dengan jarak tempuhnya," jelas Khoman.

Sebelum melakukan pendistribusian, KPU Sekadau juga yelah melakukan proses sortir terhadap seluruh logistik yang kita distribusi,. Sortir ini beberapa kali dilakukan untuk memastikan ketersediaannya tepat jumlah, dan tepat sasarannya.

Salah satu upaya juga, agar logistik sesuai dengan tempatnya, KPU juga melakukan pengecekan sebelum dimasukkan ke dalam truk. Pengecekan satu persatu di kotak suara, di mana terdapat barcode di kotak suara yang bisa di scan melalui aplikasi Silog, guna memastikan kotak suara sesuai tempat tujuan termasuk juga memastikan logistik ini tidak rusak karena air. [lan/sk]

Share:
Komentar

Berita Terkini