Streaming Radio Lawang Kuari

Terdata 13 Kasus HIV/AIDS di Sekadau

Editor: Layli author photo

Hari AIDS Sedunia

SEKADAU
---Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau, Martinus Ridi mengatakan selama dua tahun terakhir tepatnya di tahun 2020 dan 2021,terdapat 13 kasus HIV/AIDS yang terdapat di Kabupaten Sekadau.

"Kasus yang ada di Sekadau ini selama tahun 2020 terutama ada 9 penderita terkonfirmasi terdata kemudian ada 1 yg meninggal kemudian 2021 ini ada nambah 5 kasus baru," tuturnya bertepatan dengan hari AIDS Sedunia,pada Rabu (1/12/2021).

Ia menambahkan kasus-kasus yang telah terdata tersebut seperti gunung es yang mana tentunya masih ada penderita yang tidak mau berobat dan enggan untuk diperiksa.

 HIV/AIDS merupakan penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik secara bersama-sama.

Sementara itu tidak lupa dirinya juga menyampaikan  peringatan Hari AIDS di tahun 2021 ini yang bertemakan "Akhiri Ketimpangan,Akhiri Aids" memiliki arti jika kita diminta untuk bersama-sama mengakhiri adanya kasus HIV/AIDS.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran diri guna mencegah HIV/AIDS baik secara individu,di dalam keluarga maupun di sekolah dan berharap agar kasus HIV/AIDS di Sekadau tidak bertambah.

"Kita juga membutuhkan solidaritas terhadap penyimpangan stigma masyarakat penderita HIV/AIDS yang harus bisa hidup berdampingan dengan kita,terlebih HIV/AIDS ini kan menimbulkan kerugian materi dan dampak sosial juga," pungkasnya.(SK)


Share:
Komentar

Berita Terkini