Streaming Radio Lawang Kuari

Titik Banjir di Sekadau Bertambah

Editor: Layli author photo

Banjir di Sekadau semakin meluas dan bertambah jumlah titik

SEKADAU-
--Berdasarkan data terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau,Selasa (2/11/2021) wilayah terdampak banjir yang semulanya tersebar di 4 titik kini bertambah menjadi 6 titik.

Guyuran hujan deras di beberapa hari terakhir menjadi salah satu indikator penyebab meluasnya banjir. 

Kepala BPBD,Matius Jon menjelaskan titik banjir telah tersebar di 6 kecamatan, dengan ketinggian air terparah di terdapat di kecamatan Sekadau Hilir dan kecamatan Belitang yang kenaikan airnya mencapai 12 cm. 

"Awalnya terdampak hanya 4 Kecamatan sekarang sudah ada 6 kecamatan di Kabupaten kita Sekadau Hilir ini sebagai titik tumpu dari pada beberapa arus air Sungai Kapuas dan Sekadau ini signifikan sekali kenaikannya sampai dengan hari ini langganannya seperti biasa seperti Desa Tanjung,Desa Mungguk,Sungai Ringin," tuturnya. 

Selain itu Jon juga memaparkan hingga saat ini jumlah warga yang mengungsi dilaporkan baru bertambah sekitar 700-an warga se kabupaten Sekadau.

"Karena beberapa hari belakangan ini sibuk dengan pengurus para warga yang terdampak dan diharuskan mengungsi cuma di rumah keluarga terdekat ataupun kenalannya,tetapi seperti desa-desa juga mereka sudah menyiapkan juga tempat-tempat yang aman rumah penduduk atau fasilitas umum untuk dipakai mengungsi," kata Jon. 

Menanggapi hal tersebut ia menjelaskan bahwa pihaknya juga tidak bisa memaksa jika warga tidak mengungsi di tempat yang sudah disediakan oleh  pemerintah.

"Kita hanya bisa support dengan bantuan bantuan yang sifatnya masa materialistis kebutuhan dasar seperti pangan dan kebutuhan lainnya seperti makanan siap saji," timpalnya. [nanda] 



Share:
Komentar

Berita Terkini