Streaming Radio Lawang Kuari

Ini Cara Siasati Keuangan Agar Setiap Hari Serasa Tanggal Muda

Editor: Layli author photo

ShopeePay

JAKARTA
- Tanggal tua dan tanggal muda adalah sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, apalagi bagi kalangan yang sudah bekerja. Tanggal muda menggambarkan situasi keuangan atau dompet yang masih tebal karena baru menerima gaji.

Sementara tanggal tua menggambarkan situasi keuangan yang mulai menipis namun masih jauh dari tanggal gajian. Momen inilah yang membuat para karyawan mengalami kepanikan atau kecemasan menjelang masa-masa gajian.

Saat menghadapi situasi ini, biasanya kita akan cenderung berhemat demi bisa bertahan hingga tanggal gajian bulan berikutnya tiba. Padahal, jika disiasati dengan baik, kita bisa menghilangkan kata ‘tanggal tua’ dari kamus kehidupan dan menjalani hari-hari dengan nyaman dan tentram layaknya ‘tanggal muda’ setiap hari.

Berikut adalah empat cara yang bisa kamu lakukan agar gaji tetap awet dan tidak merasakan ‘tanggal tua’:

Buat Skala Prioritas

Setelah memasuki momen gajian, yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat skala prioritas pengeluaran. Skala prioritas ini akan membantu kamu dalam mengkategorikan mana yang penting untuk dibayarkan terlebih dahulu dan mana pengeluaran yang masih bisa ditunda. Perlu juga untuk mencatat besar pengeluaran yang mungkin dikeluarkan pada skala prioritas ini. Dengan memiliki skala prioritas, kamu dapat memperkirakan besar biaya yang perlu dikeluarkan dalam sebulan.

Kenali dan Kendalikan Jumlah Pengeluaran

Kamu pasti punya pengeluaran rutin yang harus dialokasikan setiap bulan, bukan? Seperti air, listrik, pulsa, bensin dan lain sebagainya. Di samping itu, biasanya ada pula pengeluaran tidak tetap yang bersifat rekreasional, seperti jajan makanan dan minuman segar untuk menyegarkan hari-hari kerja, membeli pakaian atau sepatu yang diinginkan, atau keperluan hobi lainnya. Tidak jarang, pengeluaran ini bisa membengkak bahkan melebihi pengeluaran tetap. Untuk itu, kamu harus bisa mengatur pengeluaranmu dengan membuat rancangan biaya tiap awal bulan dan mengalokasikan beberapa pos pengeluaran. Dengan begitu, kamu tetap bisa memenuhi hobi dan pengeluaran rutin tanpa harus merasakan ‘tanggal tua’ di akhir bulan.

Manfaatkan Promo

Cara terbaik untuk meminimalisir pengeluaran adalah menggunakan promo. Memasuki akhir bulan, Shopee Mantul Sale hadir kembali menemani momen gajianmu di setiap bulan dengan sederet promo menarik yang bisa memperpanjang masa ‘tanggal muda’ kamu. Mulai dari tanggal 25-27 Juni 2021 ini, kamu bisa menikmati berbagai keuntungan menarik di berbagai toko di aplikasi Shopee serta gerai offline yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti ShopeePay Deals Rp1, Serba Seribu, dan berbagai penawaran menarik lainnya. Khusus di tanggal 25 Juni 2021, kamu juga bisa memanfaatkan voucher gratis ongkir tanpa minimal belanja. Dengan memanfaatkan promo ini, pengeluaran pasti menjadi lebih irit dan kamu tidak akan merasakan “tanggal tua” lagi saat menjelang hari gajian.

Irit Bukan Pelit

Mulailah belajar irit. Tetapi, irit bukan berarti pelit ya. Strategi irit ini bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rekreasional yang dapat meningkatkan produktivitas bekerja. Kamu tetap bisa membeli camilan untuk mengembalikan mood di tengah kerja dari restoran-restoran hits, seperti Gulu Gulu, Sour Sally, Eatlah, HokBen, Kopi Soe, Ayam Keprabon Express, dan masih banyak lagi. Atau bagi para pecinta fashion, kamu juga masih bisa loh membeli beberapa fashion items untuk menunjang look kamu saat virtual meeting, seperti koleksi jam tangan di The Watch Co, kacamata kekinian di Oje Eyewear, perhiasan cantik dari AurumLab dan Loulou Rose, serta sepatu dan baju unik dari Sole Sister dan SmittenByPattern. Tidak perlu khawatir rencana keuangan kamu boncos, karena kamu bisa memanfaatkan voucher cashback hingga 100% untuk setiap pembelian menggunakan ShopeePay selama periode promo Shopee Mantul Sale.

Itulah beberapa cara untuk menghindari diri dari ‘tanggal tua’. Selain merchant-merchant yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menikmati voucher cashback hingga 100% di ratusan merchant lainnya, seperti Fore Coffee, Kopi Kenangan, Yang Ayam, Yoshinoya, Teguk, Mangkok Ku, CFC, Anter Aja, Inspigo dan masih banyak lagi.

Andalkan ShopeePay sebagai metode pembayaran agar semakin hemat, nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan saat mengunjungi toko offline selama periode promo berlangsung, ya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Shopee Mantul Sale, silakan kunjungi tautan ini.

[bela]
Share:
Komentar

Berita Terkini