Streaming Radio Lawang Kuari

Bawaslu Sekadau Siap Pengawasan Penghitungan Suara Ulang

Editor: Redaksi author photo

Ketua Bawaslu Seladau, Nursoleh

SEKADAU
---Terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK)  yang memerintahkan kepada KPU Sekadau untuk melakukan penghitungan suara ulang yang berada di seluruh TPS Kecamatan Belitang Hilir.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau selaku pihak pengawasanNursoleh mengatakan hari ini pihaknya sudah melakukan pengawasan ketat terkait dengan penghitungan suara ulang tersebut.

"Hari ini kita kita sudah melakukan pengawasan ketat bagaimana kotak suara tersebut dalam kondisi aman, dan tidak ada upaya-upaya oknum untuk melakukan pengrusakan terhadap kotak suara tersebut" ujar Nursoleh saat dikonfirmasi SUARALAWANGKUARI.COM Jumat (18/3/2021).

Selain itu, Nursoleh juga mengungkapkan pihaknya juga melakukan persiapan guna mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran pada saat penghitungan surat suara ulang.

"Kesiapan sumber daya manusia juga otomatis segera kita siapkan. Untuk masalah penganggaran akan kita siapkan dan kita usulkan kepada pemerintah daerah Kabupaten Sekadau," terangnya.

Terkait dengan keterlibatan Panwascam Belitang Hilir, dijelaskan Nursoleh, pihaknya masih menunggu arahan dari Bawaslu RI maupun Bawaslu Provinsi.

"Setidaknya, apapun keputusan yang akan diperintahkan oleh Mahkamah Konstitusi kita siap untuk menjalankan sebagai fungsi kami seperti pengawasan, pencegahan, dan penindakan. Sebab, penghitungan surat suara ulang juga akan punya potensi pelanggaran pemilihan baik secara administrasi maupun secara pidana. Termasuk juga kerawanan-kerawanan yang akan terjadi pada saat penghitungan surat suara ulang," bebernya.

"Untuk langkah pertama ini akan kita lakukan pengawasan yang ketat di gudang KPU Kabupaten Sekadau," tambahnya.

Dijelaskan Nursoleh, untuk tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, sebab masih dalam suasana kondisi pandemi Covid-19.

"Protokol kesehatan tetap kita laksanakan, sebab masih dalam suasana pandemi. Jadi seluruh TPS akan kita lakukan penghitungan suara ulang secara manual dimana sebanyak 65 TPS yang akan dihitung secara manual," tandasnya [Cil]

Share:
Komentar

Berita Terkini