Streaming Radio Lawang Kuari

Anggota PWI Sekadau Siap Ikuti UKW

Editor: Redaksi author photo

Anggota PWI Sekadau Gelar Pra UKW.

SEKADAU
---Momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau menggelar Seminar dan Pra Uji Kompetisi Wartawan (UKW) pada Senin (8/2/2021). 

Pra UKW untuk persiapan UKW pada 26-28 Februari 2021 yang digelar PWI Pusat dan PWI Kalbar di Pontianak. 

Ketua PWI Kabupaten Sekadau, Benidiktus  Gonzaga Putra mengatakan, seiring perkembangan dunia jurnalistik di Indonesia di era 4.0 bekembang  sumber daya manusia (SDM) pekerja jurnalistik juga perlu ditingkatkan.

“Nah, untuk mendorong kompetensi pekerja Jurnalistik, Dewan Pers mengiatkan program UKW,” ujarnya.

Namun, untuk mendapatkan predikat di masing - masing tingkatan, wartawan tentunya membutuhkan persiapan dalam menghadapi UKW.

"Banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk mental karena berhadapan dengan penguji yang independent, penguji akan menilai karakteristik wartawan,"kata Beni. 

Ia menjelaskan, untuk dapat lolos dalam UKW, seorang jurnalis membutuhkan persiapan yang matang serta melakukan riset untuk mencari informasi hal - hal yang harus di persiapkan.

"Bisa dari  buku dan medsos," sambung pria yang malang melintang di dunia jurnalis itu.

Diterangkan Beni, manfaat yang dirasakan jurnalis ketika telah mendapatkan predikat dalam UKW, terutama adalah  wartawan terdata pada data best dewan pers.

Dengan demikian, ketika person jurnalis tersebut mendapatkan bermasalahan dalam bekerja tidak hanya akan mendapatkan pembelaan dari perusahaan tempat bekerja, namun juga oleh Dewan Pers.

"Misalnya tersangkut proses hukum, selain pimpinan redaksi, dewan pers akan memberikan bantuan," timpalnya.

Ia mengatakan dimugkinkan kedepan Pemerintah akan memberlakukan aturan ketat dimana media yang dapat bekerjasama dengan pemerintah harus memiliki wartawan yang bersertifikasi.

"Kedepan akan di atur tata kelola media," ujar Beni.

Pelaksanaan Pra UKW berjalan lancar, dengan menghadirkan pemateri Kundori dan Tantra Nur Andi. Para peserta melakukan simulasi layaknya pelaksanaan UKW. [tim]


Share:
Komentar

Berita Terkini