Streaming Radio Lawang Kuari

Dari Hobi, Willi jadi Pebisnis Ikan Cupang di Sekadau

Editor: Layli author photo

Willi dengan koleksi ikan cupangnya

SEKADAU---
Budidaya ikan hias menjadi trend di masa pandemi Covid-19. Selain karena keindahan yang dapat memanjakan mata pecintanya, ikan hias juga menjanjikan keuntungan bagi pembudidayanya . 

William Adi Purba (28) pemuda Sekadau yang mulai meenekuni bisnis ikan hias Cupang pada masa pandemi mengatakan bahwa budi daya ikan cupang tergolong mudah. 

"Saya baru memulai budidaya cupang ketika masa pandemi sekitar bulan Maret 2020 berawal dari kejenuhan karena memang dianjurkan dirumah saja ketika awal pandemi Covid-19," ungkapnya. 

"Untuk budidaya ikan cupang sendiri tergolong mudah, berawal dari hobi dan melihat tutorial di YouTube akhirnya sampai saat ini saya putuskan untuk menggeluti bisnis ikan hias Cupang melalui online maupun ofline," imbuhnya . 

Masih menurut Willi untuk penjualan ikan cupang miliknya dirinya meminta bantu akun instagram yang sudah memiliki banyak Followers serta tak jarang juga banyak pecinta ikan hias yang datang sendiri kerumah. 

"Untuk penjualan sejauh ini saya masih meminta bantuan dengan akun media sosial kawan-kawan yang memiliki banyak Followers dengan sistem jual lelang, tak jarang juga banyak pecinta ikan cupang yang datang langsung membeli di rumah," ucap Willi. 

"Pembelinya juga beraneka ragam dari beberapa daerah di Kalimantan Barat seperti Singkawang, Sambas, Pontianak serta Sintang," tambahnya. 

Willi mengatakan dirinya sekarang fokus untuk budidaya ikan cupang jenis Plakat Multi Colour karena memang saat ini banyak peminat di pasaran Kalbar dan harganya cukup menjanjikan. 

"Kalau untuk saya membudidaya jenis Plakat Multi Colour karena memang banyak peminat dari pecinta Cupang di Kalbar dan harganya juga cukup menjanjikan," terang Willi

"Untuk harga satu ekor ikan Cupang Plakat Multi Colour sendiri saya terbiasa menjualnya dengan harga minimal Rp100 Ribu sampai dengan Rp500 Ribu," sebutnya menbahkan. 

Ditanya mengenai modal awal dalam bisnis ikan Cupang, Willi mengaku hanya modal sekitar Rp1,5 juta saja. 

"Awal modal saya hanya beli satu pasang bibit ikan Cupang seharga Rp. 1.500.000 karena memang hobi saya beli, itu juga awalnya dimarah istri beli ikan harga semahal  itu," klekar Willi . 

"Berawal satu pasang ikan Cupang tersebut sekarang saya memiliki 730 ekor ikan cupang jenis plakat Multi  Colour ya luamyan dapat keuntunga," tutupnya. 

Diketahui William Adi Purba peternak Ikan Cupang Sekadau tinggal di Jalan Tamtama (belakang SMK Amaliyah) berawal dari hobi memelihara  ikan hias kini sukses membididaya ikan Cupang dan telah memiliki 730 ekor ikan Cupang hias unggulan. [adi] 


Share:
Komentar

Berita Terkini