Streaming Radio Lawang Kuari

UPZ Kecamatan Sekadau Hilir Dibentuk, Baznas Gelar Sosialisasi dan Pengukuhan

Editor: Layli author photo

Ketua Baznas Sekadau Rusmin Nuryadin kukuhkan pengurus UPZ Kecamatan Sekadau Hilir, Jumat (22/12/2023). SUARALAWANGKUARI.COM./Yen
Sekadau (Suara Lawang Kuari) - Setelah sosialisasi dan bentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di wilayah Belitang dan RTM, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sekadau, kembali menggelar sosialisasi, penyaluran paket sembako dan pembentukan UPZ di Kecamatan Sekadau Hilir.

Acara dengan peserta Pengurus Masjid se-Kecamatan Sekadau Hilir itu dibuka oleh Asisten III Setda Sekadau Sapto Utomo mewakili Bupati di Masjid Besar Al Falah, Jumat (22/12/2023) siang.

Hadir dipembukaan kegiatan dari Kemenag, OPD terkait, Forkopimcam, Pimpinan Bank Kalbar, Pimpinan Organisasi Islam, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu lainnya.

“Kami berikan apreasiasi kepada Baznas yang gencar melakukan sosialisasi dan membentuk UPZ di tingkat kecamatan. Tujuannya agar menjadikan kebiasaaan atau merubah pola pokir umat agar terbiasa menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah di lembaga resmi pemerintah yakni Baznas melalui UPZ-UPZ yang ada,” ungkap Sapto dalam sambutannya.

Ia menegaskan, keberadaan Baznas diatur dalam Undang-undang No. 23 tahun 2011 sebagai lembaga pemerintah non struktural, merupakan intrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam.

“Serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya di Kabupaten Sekadau,” tegas dia.

Ketua Baznas Sekadau A Rusmin Nuryadin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang mendukung program Baznas salah satunya sosialisasi dan pembentukan UPZ di tingkat kecamatan pada akhir tahun ini.

“Selama ini mungkin sudah ada UPZ di setiap masjid. Tapi nantinya pengurus UPZ Kecamatan dan masjid akan langsung di SK kan oleh Baznas Kabupaten,” kata Rusmin.

Ia berharap kepada pengurus UPZ Kecamatan yang sudah dibentuk dan dikukuhkan bisa menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai undang-undang dan peraturan Baznas yang berlaku.

“Nanti, untuk UPZ kecamatan akan dilaksanakan bimbingan teknis (bimtek) tentang manajemen zakat. Insya Allah sebelum bulan ramadhan,” ujar Rusmin.

Usai pembukaan, dilanjutkan sosialisasi Baznas dan UPZ langsung dengan pemateri dari Kementerian Agama Sekadau yang diwakili Kasi Bimas Islam Abdillah, dari Pimpinan Baznas Sekadau Ketua Rusmin Nuryadin, Wakil Ketua I Dudun Sutadin, Wakil Ketua II Kundori dan Wakil Ketua III Abdul Manan.

Acara diakhiri pengukuhan Pengurus UPZ Kecamatan Sekadau Hilir Periode 2023-2028.

Berikut Pengurus UPZ Kecamatan Sekadau Hilir Periode 2023-2028

Dewan Penasehat
Camat Sekadau Hilir
Kepala KUA Sekadau Hilir

Badan Pelaksana
Ketua : Syamsul Bakrie, S.Pd.I
Sekretaris : Salahuddin, S.Pd.I,MM
Bendahara : Matropi, S.Pd.I

Seksi-seksi
Seksi Pengumpulan : Eka Dharma Putra
Seksi Pendistribusian : Muhammad Ihsan, S.Sos.I
Seksi Pendayagunaan : Sujasman Dad
Seksi Pengembangan : Alex Siswoyo

[tim]

Share:
Komentar

Berita Terkini