Streaming Radio Lawang Kuari

Gawai Dayak XII Sekadau Digelar 18-22 Juli

Editor: Layli author photo

Panitia Gawai Dayak XII dan DAD Sekadau saat konfrensi pers. SUARALAWANGKUARI.COM/Ist
SEKADAU - Kegiatan Gawai Dayak XII Kabupaten Sekadau siap dilaksanakan 18 - 22 Juli 2023 di Betang Youth Center Sekadau dengan mengusung tema "Bersatu Untuk Semua" dan dengan sub tema "Dengan Persatuan Kita Wujudkan Dayak Yang Maju, Bermartabat dan Berdaulat"

"Adapun kegiatan gawai tahun ini kita akan melaksanakan berbagai kegiatan antara lain,Seni pertunjukan itu ada lomba tari kreasi,bujang dara,busana kreasi anak, ada juga kongsingen,"ungkap Ketua Panitia Gawai Dayak XII Sekadau, Martinus Siden dalam konfrensi pers di salah satu café di Sekadau, Minggu (16/7/2023).

Kemudian ada pelestarian seni dan budaya ada tari kreasi Dayak, kerajinan tradisional,nganyam tikar,melukis perisai,menyumpit,pangkak gasing,menumbuk padi.

Gawai Dayak XII Kabupaten Sekadau diawali dengan  pawai budaya yang diikuti jajaran DAD dari 7 kecamatan, TBBR, serta MABM dan MABT untuk andil saat pawai.

"Pembukaan akan langsung dibuka oleh bapak Bupati Sekadau, begitu juga penutupan akan ditutup oleh bupati Sekadau," ucap Martinus Siden.

Ia mengatakan, untuk persiapan gawai dayak sudah 80% dan besok akan dilaksanakan gladi dan Selasa sudah bisa dimulai pelaksanaan.

“Gawai Dayak juga ada beberapa lomba yang akan di perlombakan diantaranya ada 6 lomba Permainan rakyat di siang harinya dan 4 lomba adat dimalam harinya,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua DAD Sekadau Jeffray Raja Tugam mengatakan, suku yang mengadakan gawai kali ini salah  suku Dayak Kerabat. 

"Nanti aka nada seminar yang menggali budaya kita.  Ada narasumber dari suku yang melaksanakan gawai pada kali ini adalah kerabat, mereka akan menyampaikan apa-apa yang ada pada suku kerabat ini,yang akan mereka tuangkan kali ini," kata Jeffray.

Seperti diketahui, Gawai Dayak XII, panitia juga akan mengundang beberapa tokoh seperti Gubernur Kalbar,Ketua DPRD Kalbar,anggota DPRD Kalbar dapil Sekadau-Sanggau, Ketua DAD, Sekadau, Ketua MABT, Bala Adat Dayak, Kementerian Pariwisata, anggota DPR RI dapil 2 Kalbar, Bupati Sanggau,Bupati Sintang, Bupati Melawi, Ketua DAD Sintang, Ketua DAD Melawi, Ketua DAD Sanggau,pihak kepala DPD,DPRD semua anggota, tokoh-tokoh masyarakat,ketua MABM,MABT,Raja Sekadau. Tidak hanya itu panitia gawai dayak juga mengundang Bacaleg 2024. [Achmad]

Share:
Komentar

Berita Terkini