Streaming Radio Lawang Kuari

Pekan Gawai Dayak XI 2022 Kabupaten Sekadau Resmi Digelar

Editor: Admin author photo

Bupati Sekadau, Aron saat membuka Pekan Gawai Dayak XI Sekadau.
SEKADAU - Pekan Gawai Dayak (PGD) XI Tahun 2022 Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat  resmi dibuka di Rumah Betang Youth Center, Jalan Panglima Naga, Rabu (13/7/2022) pagi. 

Kegiatan PGD XI mengusung tema “Mari kita membangun, manusia Dayak ini untuk membangun Indonesia Sekadau Tahun 2022” acara berlangsung 13-16 Juli.

Dengan mengenakan pakaian adat khas dayak ribuan warga memadati kawasan Rumah Betang Sekadau sejak pukul 7 pagi.

Kegiatan diawali dengan pawai budaya dimeriahkan oleh sejumlah peserta menggunakan pakaian adat dayak, Kecamatan di Kabupaten Sekadau.

PGD XI yang berlangsung secara meriah tersebut, merupakan perayaan dan festival budaya yang diadakan setiap tahunnya oleh suku Dayak di Kalimantan, sebagai bentuk wujud dari ungkapan rasa syukur masyarakat adat Dayak kepada sang pencipta atas panen yang melimpah.  Perayaan ini juga  telah menjadi tradisi dari dulu hingga saat ini.

Acara dilanjutkan dengan ritual dan upacara tradisional otentik Suku Dayak yaitu melakukan pemotongan bambu oleh Bupati Sekadau, Aron sebelum memasuki area PGD dan meminum secangkir tuak khas Dayak Sekadau.

Bupati Sekadau, Aron salam sambutannya mengatakan,  jika PGD tahun ini dilaksanakan sedikit mundur dari tahun-tahun sebelumnya, dan ia menyebutkan bahwa kegiatan ini sebagai penutup dari semua gawai-gawai yang ada di daerah Sekadau.

“Pekan Gawai Dayak tahun ini dilaksanakan agak molor sedikit, karena ada kegiatan dan lain hal, biasanya awal pada bulan Juli. Kegiatan ini adalah sebagai penutup seluruh gawai yang ada di Sekadau,” jelas Aron

“Dengan dilakukan pemukulan gong sebanyak tujuh kali ini maka dibukalah Pekan Gawai Dayak ke sebelah di Sekadau untuk umum,” tambah Aron.

Mewakili Gubernur Kalbar, Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Setda, Frans Zeno menyampaikan PGD  XI Sekadau ini merupakan budaya yang harus dilestarikan sebagai suatu ritual adat yang sudah dilakukan sejak dahulu. Perayaan gawai dayak merupakan event yang di nantikan oleh seluruh masyarakat dayak sekadau khususnya, gawai dayak ini adalah sebagai sebuah kekayaan budaya yang harus dilestarikan dan merupakan budaya yang sudah menjadi turun menurun. 

“Melalui event ini juga diharapkan mampu menjadi promosi Kabupaten Sekadau dalam citra membangun menjadi masyarakat yg rukun dan akur,” ungkap Frans Zeno.

Sementara itu, Ketua Panitia PGD XI, Vincel mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan Gawai Dayak XI di Sekadau tahun 2022, dan ia mengungkapkan bahwa pekan gawai dayak ini juga merupakan sarana untuk mengembangkan nilai dari seni budaya adat dayak.

“Selamat datang di gawai dayak ke sebelah ini merupakan kegiatan rutin Sekadau yang diselenggarakan setiap tahun, dengan tujuan mensyukuri nikmat Tuhan atas hasil panen yang melimpah, pekan gawai dayak juga sebagai sarana untuk mengembangkan seni dan budaya yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Sekadau,” ungkapnya. [yus]

Share:
Komentar

Berita Terkini