Streaming Radio Lawang Kuari

Aliansi Mahasiswa Kalbar: Meski Bantuan Sedikit, Setidaknya Bisa Membantu

Editor: Layli author photo

Aliansi Mahasiswa se Kalbar saat serahkan bantuan banjir di Sekadau

SEKADAU
---Aliansi Mahasiswa Se-Kalimantan Barat menyerah bantuan kepada para korban yang terdampak banjir di Kabupaten Sekadau, Senin (8/11/2021)

Penyerahan melalui posko aliansi peduli banjir Sekadau berlangsung dengan sukses dan lancar serta diserahkan langsung di lokasi posko yang terletak di Jl. Merdeka Timur, simpang pasar baru, Sekadau.

Fokmas yang menjadi inisiator dari gerakan ini mengharapkan peran serta dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam panggilan kemanusiaan ini. 

Adapun beberapa organisasi yang terlibat dalam gerakan banjir Sekadau ini meliputi Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Sekadau, Forum Mahasiswa Dayak Kabupaten Sekadau, Ikatan Pemuda Dayak Mualang, Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang, Himpunan Mahasiswa Papua, Ikatan Mahasiswa Kabupaten Sanggau, Asrama Mahasiswa Kabupaten Sekadau, Asrama Putra Kayong II (Ketapang), BEM FKIP UMP, HMPS Sosiologi FISIP UNTAN, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Relawan Pemuda Peduli Indonesia, Himpunan Mahasiswa Dayak Kerabat Sekadau, Himpunan Mahasiswa Kecamatan Serawai, Himapaudi UMP.

Ketua panitia Aliansi Mahasiswa Kalbar Rahmat Hidayah dalam panggilan aksi kemanusiaan tersebut mengatakan, bantuan yang diberikan semua berupa sembako dan sedikit obat-obatan, sebab keadaan banjir seperti ini membuat beberapa aktivitas lumpuh sehingga masyarakat susah bergerak untuk membeli segala kebutuhan pokok.

"Alhamdulillah, kami yang tergabung dalam gerakan aliansi mahasiswa peduli bencana Kalimantan barat telah menyalurkan bantuan yang telah Di amanah kan, dan bentuk bantuan kami berbentuk sembako serta sedikit obat-obatan, teknis penyaluran yang kami lakukan tidak hanya terfokus pada posko tertentu, akan tetapi kami juga langsung terjun kelapangan melihat kondisi masyarakat Sekadau yang terdampak banjir sekaligus memberikan bantuan tersebut kepada mereka secara langsung," ucap Rahmat Hidayah saat ditemui di Posko Peduli Bencana Kabupaten Sekadau.

Untuk sasaran penyerahan donasi dari aliansi mahasiswa peduli bencana Kalimantan Barat ini terfokus kepada daerah yang terdampak parah oleh banjir, seperti Seberang Kapuas, Teribang, dan Teluk Pasir. Dalam moment penyerahan tersebut mahasiswa di dampingi oleh komunitas peduli banjir Sekadau yang dari kemarin juga intensif memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Mahasiswa peduli bencana Kalimantan barat ini memberikan bantuan berbentuk sembako meliputi beras 132 karung, sarden 37 kotak, minyak goreng 30 kantong, gula 24 kantong, minyak kayu putih 12 lusin. Barang-barang tersebut distribusikan dengan dibentuk perpaket dengan total 250 paket yang siap di berikan kepada masyarakat.

Ia menambahkan bahwa dalam mendistribusikan barang-barang tersebut kawan-kawan di dampingi oleh komunitas peduli banjir Sekadau menggunakan dua kapal.

"Dalam penyaluran sembako-sembako tersebut kami di dampingi oleh komunitas peduli banjir Sekadau menggunakan kapal biasa, yang terbagi kedua wilayah yang ada di kecamatan Sekadau Hilir," jelasnya.

"Ada 18 orang yang diutus dari Kota Pontianak untuk menyalurkan sembako tersebut mewakili dari 8 OKP yang ada serta itu sudah diputuskan dalam forum yang membahas terkait teknis keberangkatan. Kami berharap semoga banjir yang terjadi di Kalimantan Barat saat ini bisa segera surut dan aktivitas masyarakat bisa berjalan normal," pungkasnya. [Cil].

Share:
Komentar

Berita Terkini