Streaming Radio Lawang Kuari

Monitoring Uji Petik di Melawi, Ini Harapan Kordinator PHL Bawaslu Kalbar

Editor: Layli author photo

Bawaslu Melawi melakukan uji petik terhadap DPB

MELAWI
---Bawaslu Kabupaten Melawi melakukan uji petik terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB)  di wilayah Kabupaten Melawi guna untuk mendata para pemilih yang ada di wilayah Kabupaten Melawi.

Koordinator divisi PHL Hamka mengatakan, kegiatan uji petik tersebut dilaksanakan dikarenakan masih ditemukan beberapa Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang masih bermasalah.

"Kegiatan ini dilakukan karena masih sering ditemukannya DPT yang masih bermasalah. Contohnya seperti orang yang sudah meninggal dunia, masih masuk dalam DPT," ungkap Hamka, Kamis (23/9/2021).

Ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga dilaksanakan dengan beberapa kategori. Diantaranya 

pemilih yang meninggal dunia, pindah memilih, pemilih pemula, pemilih usai 17 tahun sudah menikah, alih status dari sipil menjadi TNI-POLRI.

"Makanya dengan hal tersebut penting untuk dilakukan pendataan ulang, dan untuk memastikan data yang valid. Sehingga pada tahun 2024, bisa terciptanya pemilu yang berkualitas," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator divisi PHL Bawaslu Kalbar Faisal Riza berharap dengan dilakukannya monitoring kegiatan uji petik tersebut diharapkan dapat memastikan bahwa kualitas Daftar Pemilih Berkelanjutan itu bisa dengan baik.

"Kita hanya memastikan mana saja data yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan mana saja data yang memenuhi syarat. Agar pada saat di pleno nanti benar-benar mendapatkan data yang valid di lapangan," pungkasnya. [Cil].

Share:
Komentar

Berita Terkini