Streaming Radio Lawang Kuari

Hati-hati Makan Bersama saat Pendemi Covid-19

Editor: Redaksi author photo

MediaLawangCovid19

JAKARTA
---Kampanye bersama untuk meredam kian luasnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. #MediaLawanCovid19 kembali meluncurkan konten edukasi bertajuk “Hati-hati Makan Bersama” pada Senin (1/2/2021).

Covid-19 yang telah menjangkiti lebih dari 1 juta orang, sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020, menjadi perhatian serius semua pihak. Kampanye “Hati-hati Makan Bersama”dipublikasikan secara serentakdi berbagai platform media, baik di jaringan televisi, radio, majalah, koran, media siber maupun media sosial. Diperkirakan sekitar 100 media nasional dan lokal kembali akan berpartisipasi.

Aksi ini menindaklanjuti kampanye-kampanye #MediaLawanCovid19 sebelumnya yang dimulai pada 24 Maret 2020, dengan mengusung sejumlah tema antara lain: Jaga Jarak, Jangan Lengah, Jangan Mudik, Aman Pakai Masker, dan Peduli Sekitar Kita.

Dalam rilis yang diterima media ini, Senin (1/2/2021), tema kampanye “Hati-hati Makan Bersama” kali ini dipilih, karena dirasa sangat penting untuk segera disosialisasikan secara masif, mengingat terus menanjaknya angka kasus Covid-19 di berbagai daerah.

Doni Monardo Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meyakini dirinya terpapar Covid-19 saat makan bersama, yang mengharuskannya melepas masker. Peristiwa ini terjadi saat Doni selama sepekan memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Padahal, selama 11 bulan sejak menangani pandemi Covid-19, ia selalu melakukan protokol kesehatan secara ketat.

Epidemolog Universitas Indonesia, yang juga Juru Bicara Nasional Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menyatakan, telah ada juga penelitian yang menemukan indikasi bahwa penularan kepada sejumlah tenaga kesehatanterjadi saat mereka istirahat untuk makan dan terpaksa membuka masker.

#MediaLawanCovid19 dengan kampanya “Hati-hati saat Makan Bersama” berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Untuk itu, pastikan seluruh protokol kesehatan saat makan bersama dilakukan, yakni :

1) Sedikit orang (seperempat kapasitas ruang makan)

2) Pilih ruang terbuka (simulasi udara lancar)

3) Jaga jarak (1,5 meter jika bersebelahan, dan 2 meter jika berhadapan)

4) Jangan berbicara (kenakan masker saat bicara)

5) Batasi waktu makan (30 menit)

#MediaLawanCovid19 adalah sebuah inisiatif bersama kalangan media untuk menyebarkan berbagai konten edukatif secara masif dalam upaya memerangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. [rilis]


Share:
Komentar

Berita Terkini