Streaming Radio Lawang Kuari

Sekda Sekadau Buka Sosialisasi dan Pembentukan UPZ Kecamatan Tiga Belitang

Editor: Layli author photo

Sekda Sekadau Mohammad Isa saat membuka sosialisasi dan pembentukan UPZ di tiga Belitang, Sabtu (16/12/2023). SUARALAWANGKUARI.COM/Yeni
Belitang (Suara Lawang Kuari)  - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sekadau menggelar Sosialisasi, Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat Kecamatan dan melakukan pendistribusian paket sembako pada 16 -22 Desember 2023.

Bupati Sekadau diwakili Sekda Mohammad Isa pada sosialisasi di zona 3  yaitu Kecamatan Belitang, Belitang Hilir dan Belitang Hulu hadir memberikan pengarahan dan membuka kegiatan tersebut yang dipusatkan di Gedung Madin di SP 2 Belitang, Sabtu (16/12/2023) siang.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga, dan apresiasi yang mendalam kepada Baznas Sekadau beserta segenap pihak terkait, yang telah bekerja keras menghimpun dan mengelola Zakat selama ini,” ucap Sekda mengawali sambutannya.

Ia berharap pelaksanaan Sosialisasi dan Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Tingkat Kecamatan kali ini, bisa dilaksanakan sebaik mungkin dan bisa diikuti oleh semua peserta secara sungguh-sungguh.

“Sehingga bisa menghasilkan keputusan yang dapat diimplementasikan dalam bentuk kongkrit, agar lebih mengoptimalkan pengelolaan zakat untuk meningkatkan kesejahteraan umat,” ungkap Sekda.

Menurut dia, keberadaan Baznas diatur dalam Undang-undang No. 23 tahun 2011 sebagai lembaga pemerintah non struktural, merupakan intrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di negara kita khususnya di Kabupaten Sekadau.

“Zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam  meningkatkan perekonomian. Zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD. Dimana, dana zakat, infaq dan shodaqoh yang dihimpun oleh Baznas dapat didistribusikan sebagai sumber jaminan kehidupan yang layak khususnya bagi 8 asnaf atau mustahiq,” urai Sekda.

Dana zakat tersebut wajib untuk diupayakan untuk membantu menurunkan kesenjangan sosial antara golongan kaya dengan golongan lemah dan kurang beruntung secara ekonomi yang ada di Kabupaten Sekadau ini.

“Saya memberikan apresiasi kepada kepengurusan Baznas Kabupaten Sekadau Periode 2023-2028 yang baru dilantik pada tanggal 5 September 2023 lalu sudah langsung melaksanakan program salah satunya sosialisasi dan Pembentukan UPZ di tingkat Kecamatan ini,”tegas Sekda.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Sekadau, A Rusmin Nuryadin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah mendukung kegiatan Baznas sehingga bisa terlaksanan kegiatan sosialisasi tersebut.

“Baznas di Sekadau sudah dibentuk sejak 7 tahun lalu. Jadi kami jajaran pengurus periode 2023-2028 ini hanya mengulang atau mengingatkan kembali sosialisasi kepada masyarakat,” kata Rusmin.

Rusmin berharap dengan dibentuknya pengurus UPZ di tingkat kecamatan bisa membantu Baznas Kabupaten dalam pengumulan, pendistribusian zakat, infaq dan shodaqoh.

“Pengurus UPZ di tingkat kecamatan akan di SK kan oleh Baznas Kabupaten, jadi hari ini sudah dibentuk 3 kecamatan UPZ Belitang, Belitang Hilir dan Belitang Hulu,” ungkap Rusmin.

Acara sosialisasi dan pembentukan UPZ di tiga wilayah Belitang dengan peserta para Ketua Masjid di tiga kecamatan, Kepala KUA dan tokoh agama. Hadir dalam pembukaan jajaran Forkopimca setempat.
Sedangkan pemateri langsung dari Pimpinan Baznas Sekadau, Ketua A Rusmin Nuryadin, Wakil Ketua I Dudun Sutadin, Wakil Ketua II Kundori dan Wakil Ketua III Abdul Manan serta dari Kantor Kemenag Sekadau.

Acara Sosialisasi dan pembentukan UPZ serta distribusi paket sembako kembali dilaksanakan di zona 2 yaitu Kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap dijadwalkan pada 19 Desember dan untuk Zona 1 Kecamatan Sekadau Hilir pada 22 Desember. [yen]

Share:
Komentar

Berita Terkini