Streaming Radio Lawang Kuari

Lansia di Lokasi Terendam Banjir di Evakuasi TRC BPBD Sekadau

Editor: Layli author photo

TRC BPBD Sekadau evaluasi lansia di lokasi Banjir
SEKADAU -  Gerak cepat yang dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sekadau untuk mengevakuasi seorang lansia (nenek) yang rumahnya terendam banjir di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau Akhmad Suryadi mengatakan evakuasi lansia tersebut dilakukan karena permintaan dari pihak keluarga.

"Setelah mendapatkan informasi dari keluarganya, tim kami langsung menuju lokasi rumah yang terendam banjir untuk diungsikan ke rumah keluarganya yang tidak terendam banjir," ujar Akhmad Suryadi kepada media ini melalui sambungan telepon, Rabu (12/10/2022).

Akhmad juga menjelaskan bahwa pihaknya untuk saat ini memfokuskan untuk mengevakuasi korban yang bersifat manusia (orang). "Kita sekarang memfokuskan untuk mengevakuasi manusia, dan tidak mengevakuasi barang. Jika mau mengevakuasi barang, kita hanya bisa memfasilitasi untuk peralatan saja," jelasnya.

Terkait dengan pengungsian dan bantuan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan yang skala prioritas dan juga pihaknya juga sudah meminta bantuan logistik kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

"Mudah-mudahan dalam satu atau dua hari ini sudah ada bantuan dari pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Sebab logistik kita disini juga sangat terbatas, jadi kita berikan dulu untuk yang skala prioritas," paparnya.

"Untuk posko memang belum ada kita siapkan, namun jika ada warga yang mau mengungsi dan membutuhkan tenda pengungsian kita siapkan," tambahnya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa untuk saat ini status di Kabupaten Sekadau sudah tanggap darurat. Dirinya berharap untuk bekerjasama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jadi untuk sekarang kita bukan status siaga lagi namun sudah kita naikan ke status tanggap darurat selama 14 hari kedepan. Jadi mohon bantuan dan kerjasama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebab prakiraan cuaca di Kabupaten Sekadau ini cukup ekstrim," pungkasnya. [cil]

Share:
Komentar

Berita Terkini