Streaming Radio Lawang Kuari

Diluncurkan Tahapan Pemilu 2024, KPU Sekadau Minta Dukungan Semua Stakeholder

Editor: Layli author photo

Foto Bersama usai menyaksikan peluncuran Tahapan Pemilu 2024 secara nasional di aula KPU Sekadau
SEKADAU - Komisi Pemilihan Umum RI, di Jakarta, Selasa (14/6/2022) malam secara resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 diikuti seluruh KPU se Indonesia, salah satunya KPU Kabupaten Sekadau menggelar secara virtual di aula KPU Sekadau dengan dihadiri semua stakeholder.

"Pada malam ini, Selasa, 14 Juni 2022, kalau dihitung dari hari pemungutan suara, hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, konstitusi dan mandat undang-undang mengamanatkan dimulainya tahapan Pemilu 2024," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat peluncuran tahapan Pemilu 2024 tersebut.

Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa KPU tidak bisa bekerja sendiri dan meminta dukungan kepada pemerintah, DPR, partai politik, segenap pimpinan bangsa Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia.

Pemilu 2024 sesuai aturan perundang-undangan dimulai sejak 20 bulan dari hari pencoblosan. Hari pencoblosan Pemilu 2024 pada tanggal 14 Februari, artinya tahapan awal dari pemilu mulai 14 Juni 2022.


Peluncuran secara simbolis ditandai dengan menekan sirene oleh seluruh anggota KPU RI, Ketua DPR RI Puan Maharani, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Ketua DKPP Muhammad, dan sosok penting lainnya.

Peluncuran tersebut disaksikan oleh seluruh anggota KPU provinsi se-Indonesia, kabupaten, kota serta unsur pimpinan partai politik calon peserta pemilu. Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sambutan mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Tito mengatakan bahwa persiapan dan penyelenggara tahapan pemilu merupakan hasil kerja bersama.

"Setelah melaksanakan beberapa kali rapat (dan) konsinyering, akhirnya tergapai kesepakatan. Hasil rapat-rapat dan konsinyering itu menyepakati tahapan pemilu," kata dia.

Mendagri menyatakan bahwa Pemerintah mendukung penuh penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 yang tahapannya mulai 14 Juni 2022.

"Pemerintah mendukung penuh pelaksanaan pemilu dan pilkada yang tahapannya dimulai Juni tepatnya tanggal 14 hari ini," ujarnya

Suasana menyaksikan virtual tahapan Pemilu 2024
KPU Sekadau Siap Jalankan Tahapan Pemilu 2024

Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban usai menyaksikan peluncuran tahapan Pemilu 2024 secara virtual mengaku siap melaksanakan tahapan pemilu 2024 dengan meminta dukungan dari semua pihak.

“Ini tahapan penting yang segera kami lakukan adalah pendaftaran peserta pemilu. KPU Kabupaten sifatnya menerima pendaftaran parpol,” kata Saban.

Selanjutnya dalam waktu dekat juga menyusun data pemilih yang tentu akan koordinasi dengan penerintah melalui dinas kependudukan dan pencatatan sipil karena berkaitan e-KTP.

“Selain itu, dukungan dan mendorong perekaman e-KTP, karena dalam verifikasi parpol dibuktikan dengan e-KTP,” ujarnya.

Saban juga meminta dukungan personel sekcam atau sekretaruis PPK tingkat kecamatan dan desa perlu dukungan pemerintah desa dan juga aparat TNI/Polri dalam pengamanan,” ungkap Saban.

Selain menyaksikan peluncuran tahapan pemilu, KPU Sekadau juga launching perpustkaaan KPU. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Mohammad Isa, Forkopimda, Bawaslu Sekadau, jajaran Komisioner KPU Kabupaten Sekadau, Pimpinan Media serta para Awak Media. [ant/rie]

Share:
Komentar

Berita Terkini