Streaming Radio Lawang Kuari

Berkah Pasca Banjir, Warga Ramai Cari Ikan di Sungai Sekadau

Editor: Layli author photo

Warga tepi sungai cari ikan pasca banjir di Sekadau.

SEKADAU
---Debit air sungai yang sudah mulai mengalami penurunan menjadi berkah bagi warga yang tinggal di pesisir sungai Sekadau.

Kondisi tersebut dimanfaatkan warga setempat untuk menangkap ikan di sungai Sekadau.Salah satunya dilakukan oleh Nurhajimah (47) yang setiap harinya menangkap ikan di sungai Sekadau.

"Soalnya kalau pasang kurang dia ndak mau,ini kan karena kalau airnya udah surut kadang dikatakan banyak pun ndak juga tapi adalah," tuturnya, Jumat (3/12/2021). 

Adapun ikan yang biasanya didapat yaitu ikan bilis dan ikan seluang yang banyak dijumpai setelah banjir.

Dirinya menambahkan jika sebagian ikan hasil tangkapan terkadang untuk dijual dan sebagiannya lagi sebagai konsumsi bersama keluarga.

Hal serupa juga dilakukan warga pesisir sungai Sekadau lainnya bernama Mujaimah (51) yang terkadang juga menjual ikan hasil tangkapannya di samping menjual gorengan.

"Kalau musim gini ya setiap hari ya ikan bilis,seluang gitu jak kalau dapat," katanya. 

Mujaimah pun menggangap banjir merupakan berkah yang mana ikan dirinya dan warga lainnya dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk mencari rezeki. 

"Selebihnya konsumsi juga tapi selebihnya kita jual ke pasar, kita kan ndak mampu makannya juga kan kita jual sebagian kita makan,"ujarnya.

Dirinya pun berharap agar sungai Sekadau tidak tercemar agar dirinya dan warga lain dapat terus mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Nelayan-nelayan nya juga kan yang mata pencaharian seperti orang Tanjung mata pencaharian mereka kan mukat (nelayan) kalau Sungai tercemar ya habislah mata pencaharian mereka," tutupnya. (Nanda)

Share:
Komentar

Berita Terkini