Streaming Radio Lawang Kuari

Dear Gen-Z, Ikuti 4 Tips Ini Agar THR Lebaran Lebih Awet dan Meaningful

Editor: Layli author photo

Sumber: freepik.com

Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Di hari Lebaran, umat Muslim biasa merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, beribadat dan makan bersama, serta saling bermaaf-maafan. Salah satu tradisi yang sangat ditunggu di momen Lebaran adalah berbagi THR. Biasanya, anggota keluarga yang sudah menikah ataupun bekerja akan memberikan THR kepada anak-anak yang belum menikah. Bagi kamu yang sudah bekerja, perusahaan juga wajib memberikan THR kepada pegawainya menjelang Hari Raya.

Ketika mendapatkan THR, biasanya kita akan tergoda untuk segera menggunakannya demi membeli berbagai barang. Jika tidak dilakukan secara cermat, hal tersebut tentu berpotensi untuk membuat THR kita cepat ludes tak berbekas. Untuk membuat THR lebih awet dan bermakna, sebaiknya kita melakukan pengelolaan keuangan yang lebih baik. Hal tersebut juga berlaku untuk Gen Z yang umumnya belum atau baru memiliki penghasilan sendiri.

Beberapa tips berikut akan membantu kamu untuk mengelola THR menjadi bekal untuk masa depan:

1. Menabung

Menabung bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan sehingga dapat dipakai di kemudian hari saat keperluan mendadak, sekaligus menjamin amannya finansial seseorang. Millennials dan Gen Z dapat menabung uang THR yang didapat dengan menerapkan metode pembagian alokasi THR berdasarkan skala prioritas, misalnya saja dengan menyusun kebutuhan sehari-hari mulai dari pembelian paket data, pembayaran bulanan seperti membeli makanan, membayar air dan listrik jika tinggal sendiri, hingga menyisihkan sebagian untuk dana darurat. Millennials dan Gen Z juga bisa memanfaatkan promo yang disediakan layanan pembayaran digital seperti promo cashback 30% dari ShopeePay untuk meminimalisir besarnya pengeluaran.

2. Investasi Saham dan Reksa Dana

Berinvestasi merupakan salah satu hal yang sedang naik daun karena masyarakat Indonesia, khususnya anak muda, kini lebih memahami pentingnya memiliki investasi untuk pemenuhan kebutuhan masa depan. Terlebih, banyak public figure memberikan edukasi terkait investasi di berbagai channel seperti TikTok. Dengan berinvestasi sedini mungkin, kamu akan memiliki lebih banyak tabungan untuk masa depan. Kamu bisa memulai berinvestasi pada platform reksadana seperti Tanamduit, Investasik, ataupun Fundtastic dengan memanfaatkan ShopeePay sebagai metode untuk top up saldo reksadana di platform tersebut. Selain memudahkan proses top up, pengguna juga akan mendapatkan cashback 30%.

3. Investasi Emas

Tahukah kamu, kalau harga emas tidak akan pernah turun? Oleh karena itu, Millenials dan Gen Z juga bisa berinvestasi dengan membeli emas. Tidak perlu emas dalam jumlah besar, namun bisa mencoba membeli emas 0.5g, 1g sampai 2g. Investasi emas bisa menjadi pelindung ekonomi di masa kritis, seperti saat pandemi seperti ini. Tak hanya di toko fisik, kamu bisa melakukan investasi emas ini dengan memanfaatkan merchant ShopeePay yang merupakan platform investasi emas seperti Tamasia, Indogold, atau membeli perhiasan emas secara online di Aurum Lab. Pengguna dapat berinvestasi dengan lebih hemat karena akan mendapatkan cashback 30% saat melakukan pembayaran dengan ShopeePay.

4. Berdonasi

Dengan THR yang didapatkan, kamu juga bisa menambah tabungan kebaikan dengan cara berbagi berkah kepada yang membutuhkan. Saat ini, ada banyak cara untuk melakukan donasi, seperti donasi digital melalui platform Kitabisa.com ataupun Rumah Zakat. Caranya mudah, hanya tinggal masukkan jumlah donasi yang hendak diberikan seikhlasnya. Jangan lupa untuk gunakan ShopeePay untuk mempermudah proses pembayaran donasi.

Itulah tips mengalokasikan THR untuk gen Z. Manfaatkan layanan digital untuk mempermudah pencatatan pengeluaran dan pemasukan. Jika THR yang kamu terima dalam bentuk uang tunai, kamu bisa memindahkan THR tersebut ke saldo ShopeePay dengan melakukan top up di Alfamart. Dengan begitu, THR kamu yang keluar dan masuk dapat lebih mudah dicatat serta memudahkan proses alokasi. Pastikan untuk mengalokasikan THR dengan sebaik mungkin agar berbuah bagi masa depan kamu. Andalkan ShopeePay untuk melakukan ibadah dengan cara berdonasi online ke lembaga-lembaga resmi yang sudah terdaftar. Semoga bermanfaat!

[bela]



Share:
Komentar

Berita Terkini