Sekadau (Suara Lawang Kuari) - Pemerintah Kabupaten Sekadau mengadakan Rapat Koordinasi Penguatan Pengelolaan Pengaduan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kamis (21/11/2024).Rakor Penguatan Pengelolaan Pengaduan LAPOR melalui SP4N, di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kamis (21/11/2024).[SK]
Kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, serta responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sekadau, Hartono, menjelaskan bahwa rapat tersebut bertujuan memperkuat fungsi pelayanan publik melalui sistem pengaduan yang lebih terbuka dan efisien.
“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel, yang secara langsung memperkuat fungsi pelayanan publik. Tujuannya adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan yang terbuka, cepat, murah, mudah, dan setara dalam layanan pengaduan,” ujar Hartono.
Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum, Sapto Utomo, memberikan apresiasi atas inisiatif dan kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika dalam mengelola sistem SP4N-LAPOR.
Ia juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi para pemangku kepentingan dalam mendukung keberhasilan implementasi sistem ini.
“Harapan saya, orang-orang di organisasi ini dapat memiliki kemampuan lebih baik, sehingga sistem ini berjalan optimal dan benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat,” ujar Sapto.
Sistem SP4N-LAPOR dirancang untuk memberikan akses mudah kepada masyarakat dalam menyampaikan keluhan atau aspirasi terkait pelayanan publik.
Melalui platform ini, pengaduan dapat dikelola secara efisien, terintegrasi, dan transparan, sehingga mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik.
Dengan sistem ini, pemerintah daerah diharapkan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, sekaligus menciptakan keterbukaan dan kepercayaan publik terhadap pelayanan pemerintahan.
Rapat koordinasi ini menjadi wujud komitmen Pemkab Sekadau dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.
Melalui penguatan sistem SP4N-LAPOR, Pemkab Sekadau menargetkan terciptanya pelayanan publik yang lebih cepat, murah, dan merata bagi seluruh masyarakat.
Rapat ini dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) serta sejumlah pihak terkait lainnya, yang diharapkan mampu berkolaborasi untuk mengoptimalkan implementasi SP4N-LAPOR di Kabupaten Sekadau.[SK]