Streaming Radio Lawang Kuari

Gawai Dayak Sekadau adalah Ungkapan Rasa Syukur

Editor: Layli author photo

Salah satu rangkaian acara di pembukaan Gawai Dayak XII Sekadau
SEKADAU – Mewakili Gubernur Kalbar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ignasius menghadiri pembukaan Gawai Dayak XII Kabupaten Sekadau, Selasa (18/7/2023).

"Gawai dayak ini merupan perayaan dan festival budaya yang diadakan setiap tahunya oleh suku di dayak di Kalimantan Barat, termasuk di Kabupaten Sekadau ini,” ujarnya.

Ia menegaskan,  gawai dayak ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat dayak kepada sang pencipta atas panen yang melimpah dan gawai ini juga merupakan tradisi yang turun temurun hingga saat ini masih tetap dilestarikan dan dipelihara. 

“Selamat merayakan hari gawai dayak bagi masyarakat Khusnya masyarakat dayak di Kabupaten Sekadau, semoga dengan di adakannya gawai dayak ini akan menjadi kecintaan kita kepada seni dan budaya khusus bagi suku dayak,” ungkapnya.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat, Cornelius Kimha mengatakan, dayak memiliki suatu konsep trilogi dalam berbudaya yang pertama adat istiadat, Gawai merpukan salah satu adat dari suku dayak yang sudah dilakukan turun temurun, gawai bukan hanya sekedar berkumpul, tetapi gawai juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas limpahan berkatnya. 

“Saya selaku Ketua Dewan Adat Dayak Provinsi Kalbar mengucapkan, selamat merayakan gawai dayak di Kabupaten Sskadau ke XII ini,” ucap Kimha. [dil]

Share:
Komentar

Berita Terkini