Streaming Radio Lawang Kuari

Pemkab Sekadau Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Editor: Layli author photo

Sosialisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula di Nanga Mahap
SEKADAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar kegiatan Pendidikan Politik Masyarakat di Aula Balai Betomu Kantor Camat Nanga Mahap, pada Selasa (11/4/2023).

Adapun peserta para pemilih pemula yakni para siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah Atas.
Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sekadau, Purkismawati mengatakan, pada tahun 2024 akan dilaksanakan pemilu serentak pada tanggal 14 Februari serta akan dilaksanakan juga pemilihan kepala daerah sekabupaten/kota pada tanggal 27 November tahun 2024.

“Maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi kepada adik-adik sebagai pemilih pemula yang dimana pada tahun 2024 sudah dapat menggunakan hak suaranya untuk memilih di hari pesta demokrasi atau pemilu nantinya pada usia 17 tahun, ” ungkapnya.

Ia  berharap dengan adanya sosialisasi ini, siswa-siswi sebagai pemilih pemula bisa lebih mengerti dengan diberikannya penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pemilu serta dapat ikut mensukseskan pemilu yang akan dilaksanakan nanti.

Sementara itu, perwakilan Camat Nanga Mahap yaitu, Kasi APD Kecamatan Nanga Mahap, Fransiskus Alon mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi pendidikan politik bukan suatu hal yang baru bagi banyak orang, akan tetapi sosialisasi tersebut setiap tahunnya selalu mengundang siswa-siswi sebagai pemilih pemula yang baru akan beranjak di usia 17 tahun.

“Saya berharap siswa-siswi sekalian agar dapat betul-betul menyimak dan mendengarkan arahan dari para narasumber sehingga mendapatkan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini bisa di praktekan dan di sampaikan kepada rekan-rekan sebagai pemilih pemula lainnya,” katanya.

Menurut daftar sementara terdapat sebanyak 97 TPS yang tersebar di 13 Desa yang ada di Kecamatan Nanga Mahap. Kemudian dari 97 TPS tersebut data pemilih laki-laki berjumlah 10.852 orang serta pemilih perempuan berjumlah 9.694 orang dengan total keseluruhan yaitu 20.546 orang.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 19 siswa-siswi yang berasal dari SMA Negeri 1 Kecamatan Nanga Mahap serta 1 orang guru pendamping.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut yaitu, Kepala Dinas Kominfo Sekadau, Matius Jon, Komisioner KPU Sekadau, Marikun, Komisioner Bawaslu Sekadau, Al Aminuddin serta Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Sekadau, Hermanto. AA [tim/r]

Share:
Komentar

Berita Terkini