Streaming Radio Lawang Kuari

Bupati Sekadau Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rektorat Institut Teknologi Keling Kumang

Editor: Layli author photo

Bupati Sekadau Aron saat meletakkan batu pertama pembangunan rektorat ITKK
SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron meletakkan batu pertama pembangunan gedung Rektorat Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) yang berlokasi di Jalan Sekadau-Sintang Km 4 pada Jumat (20/5/2022) pagi.

Bupati Sekadau Aron mengaku sangat mendukung program besar yang dilakukan ITKK. Sebab salah satu indikator IPM adalah pendidikan dan saat ini angka pendidikan di kabupaten Sekadau masih berada pada angka 64 persen dan berada pada peringkat 13 dari 14 kabupaten kota di Kalbar.

“Maka pada saat kami melakukan kunjungan kerja ke kecamatan atau ke kampung - kampung kata Aron selalu kita sampaikan bahwa di Kabupaten Sekadau sudah memiliki perguruan tinggi yaitu ITKK,”ucap Aron.

Rektor Institut Teknologi Keling Kumang, Stefanus Masiun mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan dimulai pembangunan rektorat di Km 4 jalan Sintang sudah dipersiapkan 5 hektar untuk pembangunan kampus dan sudah dipersiapkan area untuk peletakan batu pertama gedung pertama yang dibangun lantai 3 dan ada basman ukuran 23×48 meter.

“ITKK sudah keluar izin operasional sejak 5 Agustus 2020 dan kami sudah menerima mahasiswa pada tahu akademik 2021-2022. Sementara perkulihan masih menggunakan gedung SPP di jalan Rawak. Nah tahun akedemik 2022-2023 juga kami menerima mahasiswa kembali,” kata Masiun.

Pembangunan gedung rektorat ditargetkan selesai selama 1,5 tahun sehingga pada 2023 gedung sudah bisa digunakan. Perencanaan pembangunan yangs semula direncakan 2024 namun dimulai lebih awal, karena untuk persiapan akreditasi.

“Tahun 2024 di semester kedua kami akan melakukan Akreditasi. Kalau untuk akreditasi A syaratnya diantaranya ketersediaan sarana prasrana menjadi penilaian yang penting. Kami menargetkan ITKK bisa terakreditasi B. Untuk tahun 2025 akan melakukan wisuda pertama,” katanya.

Kampus ITKK saat ini sudah memiliki tiga program studi yakni Agro Teknologi, Rekayasa Komputer dan Kewiraswastaan. Pada tahun akademik 2021-2022 ketiga prodi tersebut semua diminati mahasiswa dan saat ini sedang melakukan perkulihan. Kendati masa pandemi, namun belajar mahasiwa tetap semangat.

“Untuk ITKK sendiri tenaga dosen sudah cukup semua berpendidikan minimal S2. Kami berharap dengan ketersediaan dosen dan sarana-prasrana, maka para orang tua dan calon mahasiswa punya harapan besar untuk kuliah di kampus ITKK. Tidak harus pergi jauh-jauh kuliah ke Pontianak atau luar Kalbar,” ungkap Masiun.

Masiun menambahkan, ITKK diharapkan membantu meningkatkan indeks pembangunan manusia, Bukan hanya di Kabupaten Sekadau saja tapi di Kalimantan Barat khususnya kawasa timur, karena kedepan akan menjadi provinsi Kapuas Raya.

“Kita didukung penuh pemerintah daerah provinsi dan pusat maka dengan demikian perkembangan lebih lanjut ITKK akan lebih baik sesuai yang diharapkan masyarakat dan pemerintah dan kami sebagai penyelenggara pendidikan,” tegas Masiun. [SK]

Share:
Komentar

Berita Terkini