Streaming Radio Lawang Kuari

Bawaslu Sekadau Mulai Laksanakan Uji Petik DPB Tahun 2021

Editor: Layli author photo

Bawaslu Sekadau mulai uji daftar pemilih

SEKADAU
---Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sekadau mulai menggelar Uji Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) di wilayah Kabupaten Sekadau, Selasa (21/9/2021).

Koordinator divisi PHL Bawaslu sekadau Tiodorus Sutet mengatakan, bahwa saat ini terhitung darii tanggal 21 hingga 23 September, 2021 Bawaslu Kabupaten sekadau melaksanakan uji petik DPB.

"Kegiatan uji petik ini dilakukan secara serentak di Provinsi Kalbar. Dalam uji petik ini akan diambil sampling dengan beberapa indikator dengan kategori pemilih yang meninggal, pindah memilih, pemilih pemula, pemilih usai 17 tahun sudah menikah, alih status dari sipil menjadi TNI-Polri," ungkapnya.

Sutet memaparkan, pelaksanaan uji petik tersebut dikarenakan seringkali ditemukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang bermasalah.

"Contohnya, pemilih yang sudah meninggal dunia masih masuk dalam DPT dalam pemilu maupun pilkada. Makanya, uji petik dilakukan untuk menguatkan dari  sisa akuntabilitas dan validitas data sehingga apabila diketemukan kekeliruan maka Bawaslu akan memberikan saran perbaikan kepada KPU Sekadau," paparnya.

Lebih jauh, dalam kegiatan tersebut juga Sutet menjelaskan bahwa pelaksanaan DPB tersebut guna untuk menjalankan tugas dan fungsi dan pengawasan yang diatur dalam undang-undang pemilu dan pilkada.

"Pada intinya Bawaslu akan selalu melakukan koordinasi terkait data pemilih sampai dengan ditetapkannya DPT pemilu 2024 dan DPT pilkada 2024," pungkas Sutet. [Cil].

Share:
Komentar

Berita Terkini