Streaming Radio Lawang Kuari

Kesekian Kalinya Polsek Sekadau Hulu Razia PETI, Petugas Temukan Dua Orang Pekerja

Editor: Layli author photo

Polisi saat razia tambang emas ilegal di Kecamatan Sekadau Hulu

SEKADAU
---Jajaran Polsek Sekadau Hulu kembali melakukan penertiban Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di wilayah kecamatan Sekadau Hulu.

Penindakan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Sekadau Hulu IPDA Sudarsono beserta anggota Polsek Sekadau Hulu.

Kapolsek Sekadau Hulu, IPDA Sudarsono mengatakan penindakan tersebut dilaksanakan pada Kamis siang pukul 13.00 WIB.

"Pada saat mendapatkan informasi bahwa telah adanya kegiatan pertambangan emas di Daerah Arah Jalan Sunsong, Dusun Nanga Biaban Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau, mendapati informasi tersebut kapolsek beserta anggota berangkat untuk melakukan penertiban kegiatan pertambangan emas yang dimaksud," kata Kapolsek, Jumat (21/5/2021).

Setiba sampai di lokasi yang dimaksud dijelaskannya, sekira jam 15.00 Wib petugas bertemu dengan 2 orang dengan keadaan pakaian kotor/basah yang diduga baru selesai melakukan kegiatan pertambangan emas. 

"Setelah diberhentikan dan ditanya secara lisan ke dua orang tersebut mengakui bahwa baru pulang dari mengemas alat di lokasi menambang emas yang berada di Dusun Nanga Biaban,"jelas Kapolsek.

"Mendengar hal tersebut petugas meminta ke dua orang tersebut untuk menunjukkan dimana lokasi melakukan kegiatan penambangan emas, setelah sampai di lokasi kegiatan penambangan emas yang berada di Riam Tengkurak daerah Dusun Nanga Biaban Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau, petugas mendapati bahwa di lokasi tersebut terdapat alat yang diduga digunakan dalam melakukan kegiatan penambangan emas. Kemudian petugas langsung mengamankan terlapor beserta barang bukti yang berada di lokasi ke Polsek Sekadau Hulu Polres Sekadau guna proses lebih lanjut," timpalnya.

Pelaku diancam Pasal 158 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. [Cil].

Share:
Komentar

Berita Terkini