Streaming Radio Lawang Kuari

Jalan Provinsi Sekadau-Rawak Rusak Parah, Satu Unit Truk Masuk Parit

Editor: Layli author photo

Kondisi jalan Provinsi,  Sekadau-Rawak hancur sehingga dikeluhkan masyarakat

SEKADAU
---Kondisi ruas jalan provinsi Sekadau-Rawak saat ini sangat memperhatikan dan hancur lebur.

Pantauan wartawan Suaralawangkuari.com, Senin (22/3/2021) sore kondisi jalan tersebut sangat memprihatikan, dimana ada satu buah truk masuk je dalam parit hingga terbalik dan puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat harus mengantri.

Salah satu pengguna jalan tersebut Anton (26) mengaku, kerusakan jalan tersebut memang sudah cukup lama dan semakin parah. Namun hingga kini belum ada perbaikan dari pihak pemerintah.

"Sudah lama jalan ini hancur pak, namun sampai sekarang belum ada perbaikan. Pernah dulu diperbaiki pada saat waktu musim kemarau hanya ditimbun dengan tanah sama, apabila musim hujan kan hancur lagi," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Agus sopir truk mengaku kerusakan jalan tersebut memang sudah lama tak kunjung diperbaiki. Dirinya juga mengatakan memang pernah diperbaiki namun setelah diperbaiki tidak akan bertahan lama jika turun musim hujan.

Untuk itu, ia berharap kepada pemerintah maupun pihak perusahaan yang ada berinvestasi di jalan tersebut segera memperbaiki jalan tersebut. Sebab, jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan untuk memperlancar perekonomian masyarakat di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman, dan Kecamatan Nanga Mahap.

"Mohonlah kepada pemerintah segera perbaiki jalan ini. Apabila tidak diperbaiki, maka roda perekonomian masyarakat di tiga kecamatan bisa lumpuh total," harapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada Dinas PUPR Kabupaten Sekadau melalui Kabid Bina Marga Ponsianus Kamestu mengatakan Pemerintah  Sekadau, telah meminta atau mengusulkan ke pemerintah propinsi Kalbar melalui dinas PUPR Provinsi Kalbar untuk memprioritaskan penanganan pemeliharaan maupun peningkatan jalan Provinsi, ruas jalan Sekadau - Rawak - Nanga Taman hingga sampai ke Kecamatan Nanga Mahap.

"Pada 2021 sudah dianggarkan peningkatan jalan Sekadau-Rawak-Nanga Taman-Nanga Mahap oleh pemerintah Provinsi kalbar yang saat ini sedang dalam proses tender di portal LPSE Provinsi Kalbar. Semoga saja cepat terkontrak dan bisa segera terealisasi dan penanganan dapat diprioritaskan pada titik-titik yang rusak parah di ruas jalan Provinsi ini," ungkap Ames sapaan akrabnya kepada Suaralawangkuari. com melalui pesan singkat WhatsApp.

Dirinya juga mengatakan untuk penanganan sementara, fungsional jalan diharapkan adanya partisipasi dari perusahaan perkebunan.

"Kami juga berharap kepada pihak-pihak perusahaan yang ada di area di jalan tersebut. Dimana yang sebelumnya sudah ada MoU penanganan bersama Dinas PUPR Provinsi Kalbar," pungkas Ames. (Cil).

Disiarkan: Radio Suara Lawang Kuari

Share:
Komentar

Berita Terkini