Streaming Radio Lawang Kuari

SMKN 1 Sekadau Tampilkan Beragam Kostum Unik di Pekan Pemuda 2023

Editor: Layli author photo

Penampilan menarik dari SMKN 1 Sekadau di Pentas Pekan Pemuda 2023
Sekadau (Suara Lawang Kuari) - Menarik, Pekan Pemuda Sekadau tampilkan beragam kostum unik hasil kreativitas siswa dan guru SMKN 1 Sekadau. Mulai dari burung Enggang hingga ratu hutan ditampilkan, Minggu (03/12/2023).

Berikut nama-nama kostum yang ditampilkan pada Pekan Pemuda Sekadau, yang digelar di halaman Rumah Betang Youth Center Sekadau, pada Sabtu (02/12/2023) malam.

1. Garuda Unity dan Diversity, karya ini terinspirasi dari mahluk mitologi garuda yang dikemas dengan konsep yang berbeda antara perpaduan tradisional dan modern. Kostum burung Garuda menggambarkan karakter kebajikan, pengetahuan, kekuatan dan keberanian. Selain itu burung Garuda juga menjadi simbol negara dan Pancasila.

2. The King Off Tinggang Wes Borneo, salah satu jenis satwa yang menjadi kekayaan fauna Indonesia, khususnya di Kalimantan. Burung yang dikenal dengan nama Enggang ini memiliki ciri khas pada paruhnya. Bentuk paruhnya yang berwarna merah berpadu kuning menyerupai tanduk sapi yang melengkung ke atas.

3. The Quen Of Entuyut ( Katong Semar), merupakan salah satu flora yang sangat unik dan menarik yang dalam bahasa daerah khususnya di Kalimantan Barat disebut Entuyut. Karena bentuk dan warna tanaman ini sangat menarik, sehingga kantong semar ini digunakan sebagai icon utama dalam busana. Dengan memadukan bentuk asli dari tanaman ini dan juga paduan dari jenis-jenis warna yang ada dari tanaman, sehingga terciptalah busana yang sangat unik.

4. The Quen Of Tengkawang, merupakan salah satu flora yang tumbuh di hutan Kalimantan, dan juga salah satu tumbuhan endemik Kalimantan Barat. Karena Tengkawang ini memiliki banyak kegunaannya, membuat suku Dayak di Kalimantan Barat menganggap Tengkawang ini sebagai pohon kehidupan.
Karena pohon ini banyak tumbuh di daerah Kalbar khususnya di Sekadau sehingga Tengkawang juga dijadikan sebagai maskot daerah du Kabupaten Sekadau. Dengan demikian, terciptanya busana kreasi ini dengan menggunakan gambaran pohon tengkawang. Pada kostum ini penggunaan tampak seperti seorang ratu.

5. Princess The Jungle Forest Of West Borneo, hutan merupakan suatu ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan. Hutan Kalimantan salah satunya menjadi nominasi hutan terbesar di dunia.

Pada busana ini terkesan sang pengguna layaknya seorang ratu hutan, dengan bagian kepala terdapat sebuah mahkota yang menggambarkan rimbunnya hutan Kalimantan. Busana ini mengingatkan kita untuk tetap menjaga kelestarian hutan di bumi kita ini karena hutan adalah paru-paru dunia. [lan/sk]

Share:
Komentar

Berita Terkini