Streaming Radio Lawang Kuari

Aron Terima Gelar Kekerabatan Kusuma Negara dari Kerajaan Sekadau

Editor: Layli author photo

Raja Sekadau Gusti Muhmaad Effendi saat menyerahkan piagam Gelar Kekerabatan kepada Bupati Sekadau Aron, Sabtu (16/12/2023). SUARALAWANGKUARI.COM/HO-Diskominfo
Sekadau (Suara Lawang Kuari)  – Bupati Sekadau, Aron, mendapat gelar kekerabatan Kusuma Negara dari Raja Sekadau, Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II.  

Gelar kekerabatan itu diberikan dalam kegiatan Adat Batas Negeri Keraton Kusuma Negara ke-IV di Keraton Kusuma Negara Sekadau, Sabtu (16/12/2023).

Bupati Sekadau, Aron mendapat gelar Pangeran Wali Kusuma Negeri. Pemberian gelar tersebut tertuang dalam Titah Raja Nomor: 30/RKNS_IKNS/XII/2023.

Selain Bupati Sekadau, gelar kekerabatan juga diberikan kepada Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, bergelar Pengeran Satya Dilaga, Kajari Sekadau, Adyantana Meru Herlambang, bergelar Pangeran Yaksa Dilaga, dan Anggota Komisi X DPR RI, Adrianus Asia Sidot, bergelar Satria Sukma Negeri.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sekadau Aron, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Raja dan seluruh kerabat Keraton Kusuma Negara Sekadau.

“Mudah-mudahan kami diberikan kekuatan untuk menjaga nama baru ini. Karena bagaimanapun situasi zaman seperti ini kadang kala kita lupa dengan leluhur kita. Jadi mudah-mudahan kami diberikan kekuatan karena menjadi Pangeran itu tidak mudah,” ucapnya.

Selanjutnya, Aron mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Adat Batas Negeri Keraton Kusuma Negara ke-IV ini, dan berharap ke depan kegiatan ini dikemas dengan baik agar dapat menarik minat turis lokal maupun mancanegara.

“Harapannya kegiatan ini dapat dikemas dengan baik serta dapat diinformasikan kepada generasi muda, karena jika tidak maka seiring berkembangnya zaman mereka akan lupa adat dan tradisi seperti ini,”Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman, Raja Keraton Pakunegara Tayan XIV, Paduka Yang Mulia Gusti Yusri, serta Forkopimda Kabupaten Sekadau. [mdh/r]

Share:
Komentar

Berita Terkini