Streaming Radio Lawang Kuari

Warga Muhammadiyah Sekadau Sholat Idul Adha di Lapangan Komplek Madrasah Negeri

Editor: Layli author photo

Jemaah Muhammadiyah Sekadau saat sholat Idul Adha, Rabu (28/6/2023).
SEKADAU - Warga Muhammadiyah Sekadau menggelar shalat Idul Adha tahun 1444 H/2023 M di lapangan kompleks Madrasah Negeri, Jalan Merdeka Barat, Sekadau, pada Sabtu pagi.

Shalat Idul Adha yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah berlangsung dengan khidmat dan dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Imam shalat tersebut adalah Ustadz Renaldi, sedangkan khatibnya adalah Wartaman.

Dalam khotbahnya, Wartaman menjelaskan pentingnya meneladani sikap yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim AS dan anaknya, Nabi Ismail AS. "Adakah sesuatu yang lebih kita cintai daripada darah daging kita sendiri? Adakah anak yang lebih kita cintai daripada anak kita sendiri?" jelas Wartaman.

"Ibrahim tidak ragu-ragu untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Beliau rela mengorbankan anak satu-satunya. Lantas, apakah beliau memegang pedang dan menyembelihnya," lanjut Wartaman.

Wartaman juga menjelaskan bahwa penyembelihan hewan qurban hanya merupakan simbolik belaka. Ia mengajak jemaah untuk menyembelih hawa nafsu yang tumbuh dalam jiwa mereka agar bisa dibersihkan dengan jiwa yang beriman.

"Saudaraku, penyembelihan hewan qurban hanyalah simbolik. Namun jika kita mencari makna di baliknya, terdapat pesan tersirat. Sembelihlah segala hawa nafsumu yang tumbuh dari jiwamu untuk dibersihkan dengan jiwa orang-orang yang bertakwa," pungkasnya.

Setelah shalat Idul Adha, jemaah saling bersalaman sebagai tanda persaudaraan. Aparat keamanan tampak menjaga lokasi pelaksanaan shalat Id tersebut. [tim]

Share:
Komentar

Berita Terkini