Streaming Radio Lawang Kuari

Sepekan Puasa Ramadhan, Pasar Tradisional Sekadau Mulai Padat Pengunjung

Editor: Layli author photo

Pasar Tradisional Sekadau mulai padat pengunjung memasuki sepekan Ramadhan. SUARALAWANGKUARI.COM/Dewi
SEKADAU - Memasuki sepekan bulan Ramadhan 1444 H, tampak aktivitas pasar sayur tradisional Sekadau mulai padat pengunjung. Masyarakat selain belanja kebutuhan selama puasa, sudah mulai mempersiapkan belanja untuk menyambut Hari Raya Idulfitri.

"Pasar sayur tradisional terlihat ramainya. Bukan hanya ibu-ibu saja tetapi para anak remaja juga sangat antusias untuk membeli sayur untuk berbuka puasa dan stok-stok bahan pangan di pasar sayur juga kelihatan cukup yang penuh berkah ini yakni bulan suci Ramadhan," ujar Ani, salah satu pengunjung pasar sayur tradisional, Kamis (30/3/2023).

Pasar yang mengalami pengunjung yang ramai yakni pasar sayur tradisional, karena operasional pasar tetap normal setiap harinya tingkat kunjungan konsumen pun semakin ramai walaupun pada saat bulan puasa.

“Meski terlihat sekali banyak harga bahan pangan naik, tapi tidak menurunkan semangat para pedangan di pasar tradisional, dan para konsumen pun tidak juga terlalu memikirkan harga pangan yang naik,” ujarnya. Sementara itu, Sumardi salah satu pedangan petai eceran menuturkan, ia mengira sepi konsumen membeli dagangan petainya.

“Tapi malah sebaliknya ramai sekali karena memang banyak peminat petai apa lagi saat-saat menjelang berbuka puasa," jelas Sumardi.

Hal senada diungkapkan Afung, warga Sekadau yang tinggal di desa Sungai Ringin yang ada disekitar pasar. Menurut Afung sendiri dari tahun sebelumnya ke tahun sekarang itu sangat jauh sekali perbedaan pasar sayur tradisional ini, karena bisa dilihat dari keramaian warga yang mengunjungi pasar sayur tradisional ini.

"Mungkin tahun sebelumnya itu sepi disebabkan adanya pandemi Covid-19, ya saya sendiri saja takut untuk keluar dan berinteraksi dengan masyarakat luar karena adanya pandemi di tahun kemarin. Tapi sekarang pasar tradisional ini menjadi ramai sekali pengunjungnya karena sudah berakhirnya pandemi Covid-19 ini saya juga merasa senang sekali bisa seperti sekarang,"kata Afung.

Pasar yang terdapat di Kabupaten Sekadau ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena bukan hanya tempat bertemunya seorang pembeli dan penjual tetapi juga salah satu tempat terjadinya interaksi.

Dari pasar sayur tradisional ini ada juga pasar subuh yang terletak di Kawasan Kapuas Sekadau, bagi bagi warga yang berjualan keliling pasar subuh sangat cocok untuk pedagang sayur keliling karena harga sayurnya pada saat subuh murah-murah.

"Pasar subuh di kawasan Kapuas Sekadau ini, kunjungan warga  sedikit ramai dari tahun sebelumnya, karena pada tahun sebelumnya terlihat sangat sepi sekali pengunjung yang membeli di pasar subuh," ungkap Udin salah satu pedagang pasar subuh.

"Harapan kami para pedagang ya semoga saja akan terus seperti ini keadaan pasar Sekadau karena tidak hanya kami pedagang yang merasa senang tetapi juga para pengunjung pasar juga kelihatan senang apa lagi mendekati bulan suci Ramadhan," pungkas Udin. [dewi/sk]

Share:
Komentar

Berita Terkini