Streaming Radio Lawang Kuari

Ops Keselamatan Kapuas 2023, RAPI Dukung Polres Sekadau dalam Penertiban Lalulintas

Editor: Layli author photo

Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Kapuas 2023 di Polres Sekadau. SUARALAWANGKUARI.COM/Ist
SEKADAU - Kepolisian Resor Sekadau menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2023 di Halaman Mapolres Sekadau, Selasa (7/02/2023) pagi.

Apel dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas yang Pertama dan Utama” itu hadiri undangan Bupati diwakili Sekda Muhammad Isa, Forkopimda, Ketua DAD, Ketua MABM, Ketua RAPI dan undangan lainnya. Sedangkan sebagai peserta apel, jajaran personel Polres, TNI, Pol PP, Dishub dan anggota RAPI. 

Kapolres Sekadau AKBP Suyono dalam amanat Kapolda Kalbar menyampaikan, Operasi Keselamatan Kapuas 2023 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 7 Februari hingga 20 Februari 2023 dimana Operasi Keselamatan Kapuas dilaksanakan sebagai cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah.

“Sebagai cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriyah, serta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personal maupun sarana pendukung lainnya sehingga kegiatan operasi dapat berjalan secara optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” ungkap Kapolres.

Kapolres menegaskan, tujuan dilaksanakan operasi keselamatan ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkannya angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

“Jenis sasaran penertiban pelanggaran dalam kegiatan operasi keselamatan ini yaitu pengendara yang melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, menggunakan handphone di jalan raya, berbonceng lebih dari dua orang, ranmor tidak sesuai standar peruntukan dan laik jalan sesuai undang undang, serta pengemudi kendaraan dibawah umur,”terang Kapolres.

Ia menegaskan,personil gabungan yang dilibatkan dalam operasi keselamatan Kapuas 2023 tersebut akan mengedepankan langkah proaktif, persuasif dan humanis.

“Nah, operasi ini nanti tentunya kepolisian akan mengambil langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan baik kamtibmas maupun kamseltibcarlantas yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah. Sebagai perwujudan visi polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (presisi),” ungkap Kapolres.

Kapolres juga menargetkan yang akan dicapai dalam operasi keselamatan ini diantaranya, turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalulintas dapat terwujud agar tercipta kamseltibcar lantas khususnya di wilayah hukum Polres Sekadau.

Anggota RAPI usai apel
RAPI Sekadau Dukung Polres dalam Penertiban Lalin

Anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 13 Sekadau yang juga terlibat dalam kegiatan apel gelar pasukan operasi keselamatan Kapaus 2023 sebagai peserta itu mendukung jajaran Polres Sekadau rangka penertiban berlalu lintas.

“Kami sangat mendukung kepolisian resor dalam menertibkan lalulintas di Sekadau. Tentunya dengan terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Ketua RAPI 13 Sekadau, Kundori (JZ21LKD) usai apel.

Kundori berharap pihak Polres melalui satuan lalulintas pro aktif melakukan patroli di sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, melakukan razia pengendara sepeda motor yang sering kebut-kebutan seperti di areal jalan kantor Bupati Sekadau.

“Kalau malam juga biasa banyak kendaraan motor pakai knalpot brong yang mengundang kebisingkan bagi warga khususnya yang bermukim ditepi jalan raya,” tegas Kundori. [tim]

Share:
Komentar

Berita Terkini