Streaming Radio Lawang Kuari

Pekasam, Kuliner Tradisional yang Digemari Masyarakat Sekadau

Editor: Layli author photo

Abang Jasmen, pedagang ikan asin dan ikan pekasam di pasar Sekadau.SUARALAWANGKUARI.COM/Nanda

SEKADAU
---Pekasam merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Barat yang terbuat dari ikan fermentasi. Eksistensi pekasam di Kabuoaten Sekadau pun sering kali dicari oleh masyarakat sebagai penambah selera makan dalam keluarga.

Hal tersebut diakui salah satu penjual ikan asin di pasar Hulu Sekadau,Abang Jasmen (53). Jasmen yang juga menjual pekasam ikan mengatakan pekasam sebagai salah satu makanan tradisional khas Kalbar umumnya diminati oleh siapa saja sesuai selera masing-masing masyarakat.

"Barang ini sebenarnya ndak juga ada kelebihan dari yang lain,sama-sama biasa dari yang lain.Ada yang suka ada yang ndak gitu bah,tergantung juga seleranya," tutur Jasmen, Jumat (8/10/2021). 

Jasmen mengatakan pekasam ikan yang dijualnya merupakan pekasam yang terbuat dari ikan entukan yakni salah satu ikan air tawar di Kapuas Hulu.

"Ndak nentu juga kalau musimnya banyak,ini kan lagi musimkan harganya murah tapi harga standar sekilonya Rp 45 ribu," ujar Jasmen. 

Kedepannya Jasmen berharap agar masyarakat Sekadau bisa lebih banyak mengolah pekasam ikan juga karena pekasam merupakan salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat. [nanda]


Share:
Komentar

Berita Terkini