Streaming Radio Lawang Kuari

BPBD Terus Upayakan Penanganan Banjir di Sekadau

Editor: Layli author photo

Wabup Sekadau Subandrio dan jajaran BPBD dan Kecamatan saat pantau banjir

SEKADAU
---Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sekadau, Matius Jon menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berupaya dalam menangani bencana banjir di kabupaten Sekadau yang semakin meluas.

"Sesuai standar operasional prosedur kita kalau penanganan bencana ini kan ada tiga tahap,tahap pra bencana pada saat tanggap darurat dan pasca bencana," katanya, Selasa (26/10/2021).

Matius Jon menambahkan upaya yang akan dilakukan diantaranya secara formal melalui edaran surat bupati ataupun surat kepala BPBD.

"Itu sudah kita sampaikan kepada segenap masyarakat berbagai lapisan tentang potensi ancaman terkait dengan cuaca ekstrem," tuturnya. 

Selain dilakukan secara formal melalui surat menyurat, penyampaian peringatan dini kepada masyarakat juga dilakukan melalui grup whatsapp.

Melalui media elektronik,media sosial diharapkan dapat dibaca oleh masyarakat untuk mengantisipasi bahwa akan terjadi bencana.

Sementara itu,upaya penanganan banjir dilakukan pula evakuasi dan penyelamatan.Terutama kelompok rentan seperti orang tua, lansia,anak anak dan orang cacat.

"Ini yang harus cepat kita evakusai dan itu perlu kerjasama dari pengurus desa, aparatur desa dan juga dari warga setempat kalau mereka tidak melapor kita juga tidak tahu,"ujarnya.

Sementara itu, melalui data tentang kondisi banjir di suatu permukiman atau suatu wilayah pihaknya akan berupaya untuk memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok kepada masyarakat terdampak.

Matius Jon menyampaikan apabila kondisinya semakin parah,langkah selanjutnya akan meminta izin Bupati untuk melakukan penggalangan bantuan yang akan mengupayakan bantuan dari provinsi bila perlu hingga ke pusat.

 "Tapi yang bisa kita kerahkan sementara ini adalah yang kita miliki di BPBD  Sekadau ini,di daerah ini,di pemda ini yang kita kerahkan untuk menolong masyarakat dari bencana banjir ini," kata pria yang sudah menjabat selama dua tahun sebagai kepala BPBD tersebut. (Nanda)

Share:
Komentar

Berita Terkini