Streaming Radio Lawang Kuari

Ketua NU Sekadau: Salat Idul Adha di Terminal Ditiadakan

Editor: Layli author photo

Ketua PCNU Sekadau, Abah Tohidin

SEKADAU
--- Ketua PCNU Sekadau, Abah Tohidin meralat pernyataannya tentang pelaksanaan salat eid Idul Adha 1442 H di terminal Lawang Kuari, dikarenakan adanya' mis komunikasi.

"Saya mohon maaf soal pernyataan saya tentang pelaksanaan salat di terminal Lawang Kuari. Informasi soal pelaksanaan Idul adha kemarin, saya dapat dari group MUI, cuma saya lupa konfirmasi lagi ke Haji Salim PHBI. Karena kebetulan saya tadi sedang di Belitang," kata Tohidin, Senin (19/7/2021).

"Dan artinya shalat eid di terminal lawang kuari ditiadakan," tambahnya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pengurus masjid besar Al Falah Kabupaten Sekadau, Abang Suwardi mengatakan, hasil rapat PHBI Kabupaten Sekadau dan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Sekadau pada tanggal 12 Juli 2021 di Masjid Besar Al-Falah memutuskan Meniadakan Sholat Idul Adha di Terminal Lawang Kuari,dan pelaksanaan sholat ied di alihkan ke Masjid, Mussholla, dan Surau di masing-masing daerah yang ada di wilayah ibukota Kabupaten Sekadau khususnya di Kecamatan Sekadau Hilir.

"Hal ini diambil guna untuk mengurangi penyebaran rantai virus COVID 19, mengingat Kabupaten Sekadau masih dalam zona yang belum begitu aman," katanya.

Berkenaan dengan hal di atas maka dengan ini Pengurus Masjid Besar Al-Falah Sekadau Hilir mengadakan Sholat Idul Adha di Masjid Besar Al-Falah Sekadau Hilir dengan Petugas sebagai berikut :

1. Imam Utama : H.M.Jamain.HMS, S.Pd

2. Khatib Utama : H.Abdillah.M, S.Pd.I

3. Bilal Utama : Dodi Arman

PHBI Sekadau Imbau Perhatikan Prokes

Shalat Idul Adha 1442 Hijriyah akan dilaksanakan esok Selasa tanggal 20 Juli 2021. Ditengah pandemi, pelaksanaan shalat tahun ini diminta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Perayaan Hari Besar Indonesia Kabupaten Sekadau, H. Salim mengatakan untuk Kabupaten Sekadau pelaksanaan shalat Idul Adha boleh digelar dilapangan terbuka maupun masjid.

Sesuai kesepakatan bersama, PHBI Sekadau tahun ini akan memusatkan pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Al Falah Sekadau.

"Biasanya kita laksanakan di Terminal, namun tahun ini kita tiadakan dan di pusatkan di Al Falah karena kalau di Terminal itu kita belum siap soal pengamanan maupun protokolnya," ujarnya, Senin.

Ia juga meminta ketika dalam suatu masjid sudah melebihi kapasitas yang ditentukan maka diminta kepada petugas untuk meminta para jamaah mencari masjid terdekat yang tidak terlalu penuh.

"Termasuk di Al Falah, kita sudah meminta pengurus lebih ketat, kalau sekiranya sudah over kapasitas ya diminta para jamaah yang baru datang bisa bergeser ke masjid terdekat," katanya. 

Pelaksanaan takbir keliling juga sudah disepakati tidak boleh dilaksanakan untuk menghindari kerumunan. Tata cara penyembelihan hewan kurban ditengah pandemi juga sudah disepakati sesuai aturan yang ada. 

Ia juga meminta para jamaah jika dalam kondisi yang kurang sehat untuk sekiranya bisa melaksanakan shalat Idul Adha di Rumah. 

"Kalau kurang sehat jangan memaksakan diri berjamaah, boleh di rumah dan itu dibolehkan, cuma harus tau tatacaranya juga," pungkasnya. (Cil/TS)



Share:
Komentar

Berita Terkini